Seduh Kopi Sesudah Minum Obat Boleh Nggak Ya? | Breaktime
Seduh Kopi Sesudah Minum Obat Boleh Nggak Ya?
30.08.2017

Kopi memang sangat dekat dengan kehidupan kita. Seringkali kopi jadi pendamping sebagian orang untuk melakukan kegiatan mereka. Selain efek samping, kopi juga dikenal memiliki banyak manfaat, seperti mencegah darah tinggi, mencegah Alzheimer, meningkatkan konsentrasi, dan banyak lainnya. Tetapi jangan gembira dulu, karena ada jenis-jenis kopi yang hanya memiliki manfaat tersebut.

Kopi yang seperti apa, sih yang memiliki banyak manfaat? Jelas bukan kopi kemasan. Kopi jenis ini telah diolah dan dicampur dengan bahan-bahan kimia. Jadi sebaiknya kurang-kurangi deh minum kopi sasetan. Nah, cobalah untuk melakukan hal-hal ini demi merasakan manfaat kopi yang sebenarnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Penyebab Penyakit Ginjal Akut

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kopi kemasan telah dicampur dengan bahan kimia pabrik. Jika Anda terlalu sering mengonsumsinya, maka akan semakin memperburuk keadaan. Memang rasanya akan lebih enak, tapi B’timers harus tahu jika kopi kemasan menggunakan pemanis buatan.

Anda juga bisa mencari tahu bentuk biji kopi yang dikonsumsi. Coffee lovers pasti sering membeli kopi dalam bentuk bubuk atau langsung menikmatinya di coffee shop langganan. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah harga kopi berkualitas per 250 gram mencapai Rp 100 ribu, tetapi mengapa harga bubuk kopi di pasar per 1 kg tidak lebih dari Rp 50 ribu? Hal ini memang patut ditanyakan.

Faktanya, pedagang bubuk kopi di pasar kebanyakan menggunakan biji kopi berkualitas rendah. Setelah itu digiling dengan bahan lainnya seperti beras dan buah pinang untuk menekan harganya lebih murah. Bubuk kopi di pasar, pada intinya tidak 100% menggunakan biji kopi.

Nah, Anda juga harus terus mengonsumsi kopi segar untuk merasakan manfaatnya. Kenali tanggal roasting yang biasanya tertera pada bungkus kopi bubuk. Kopi segar tidak boleh lebih dari dua minggu atau lebih dikonsumsi setelah tanggal roasting-nya. Kenikmatannya jelas akan berbedam, jika Anda merupakan coffee lovers.

Terakhir adalah gunakan alat-alat yang higienis dan bersih untuk menyeduh kopi. Hal ini akan sangat berpengaruh pada cita rasanya dan manfaat mengonsumsi kopi. Pastikan juga air yang digunakan adalah air dengan kondisi yang baik.

Seduh Kopi Sesudah Minum Obat Boleh Nggak Ya? | Breaktime
Konsumsi biji kopi terbaik untuk merasakan manfaatnya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Benarkah Kopi Jadi Obat Tradisional Diabetes?

Setelah tahu, kopi seperti apa yang baik di konsumsi. It’s time to know, kapan waktu yang tepat mengonsumsi kopi. Anda pasti sering bertanya-tanya, sebelum atau sesudah minum obatkah kita boleh mengonsumsi kopi? Nah, semua pertanyaan Anda akan terjawab dalam ulasan berikut ini.

Bagi coffee lovers, tak lengkap rasanya jika dalam satu minggu atau bahkan satu hari mengonsumsi kopi. Benar, kan? Tetapi bagaimana jika Anda sedang sakit dan harus mengonsumsi obat-obatan? Sebelum minum obat memang tidak dianjurkan untuk minum kopi, apalagi jika Anda minum obat menggunakan kopi. Hal ini akan berdampak pada absorpsi obat. Selain kopi, jus jeruk dan vitamin C juga sebaiknya dihindari. Biasanya akan berpengaruh signifikan terhadap pengobatan. Jadi, sebaiknya hindari hal tersebut.

Selanjutnya adalah setelah mengonsumsi obat bolehkan minum kopi? Nah, ini yang menjadi pertanyaan banyak orang. Setelah minum kopi, memang sebagian besar orang akan merasa terjaga. Ini karena kafein dalam kopi bisa merangsang kerja otak dan jantung. Tetapi, kopi ternyata juga bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti efedrin dan fenilpropanolamin yang merupakan obat untuk gejala flu dan hidung tersumbat.

Jika Anda minum kopi setelah mengonsumsi dua jenis obat tersebut, detak jantung akan meningkat secara drastis. Tak hanya dua jenis obat tersebut, obat-obatan seperti theophylline, antidepressant dan antipsikotik, kelompok antibiotik kuinolon, dan pil KB juga termasuk. Selain menyebabkan detak jantung yang meningkat, bahaya lainnya adalah bisa memicu keracunan karena kafein bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jangan Percaya Mitos Penghilang Komedo Alami Ini

Kafein juga bisa mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus. Efek ini akan muncul setelah Anda mengonsumsi antidepressan, esterogen, dan obat-obatan untuk gangguan tiroid serta osteoporosis. Pada perempuan, kopi juga mempengaruhi keseimbangan hormon.

Well, jika Anda ingin menikmati kopi setelah minum obat, sebaiknya tunggu selama 2 – 3 jam. Anda juga bisa menjaga kesehatan tak hanya dengan kopi, lho. Tetapi juga dengan melakukan hal ini untuk masa depan yang lebih baik.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE