Manfaat Fantastis Olahraga Rutin pada Tubuh | Breaktime
Sederet Manfaat Fantastis Olahraga Rutin pada Tubuh
19.12.2016

B’timers, Anda pasti ingin senantiasa hidup sehat kan? Yap, menjalani hidup yang sehat adalah kebutuhan primer yang didambakan oleh semua insan. Kesehatan Anda memang sejatinya harus selalu dijaga, baik itu secara rohaniah maupun jasmaniah. Karena seperti pepatah Latin mengatakan, mens sana in corpore sano, yang artinya di dalam tubuh yang kuat maka terdapat jiwa yang sehat.

Pada dasarnya, langkah awal dalam menjaga kesehatan tubuh ialah dengan rutin menjaga kesehatan fisik. Faktanya, ada banyak cara untuk selalu mempertahankan sekaligus meningkatkan kesehatan jasmani Anda. Contohnya seperti rajin mengonsumsi buah dan sayur, tidur dengan durasi yang cukup, hingga rajin minum air putih delapan gelas sehari. Sederet cara tersebut bahkan dinilai ampuh, efektif, dan dapat dilakukan di sela-sela kesibukan Anda. Namun B’timers, apa gunanya trik-trik tersebut apabila tak diimbangi dengan berolahraga? Nah, meski terlihat sepele, ternyata aktivitas berolahraga memiliki peran penting dalam rangkaian upaya jaga kesehatan tubuh, lho. Untuk membuktikannya, simak beberapa manfaat olahraga rutin berikut.

Dengan rutin berolahraga, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit mematikan seperti hipertensi hingga penyakit jantung. Saat berolahraga, aliran darah dalam tubuh Anda menjadi lebih lancar dan tentu saja ini akan berpengaruh pada keseluruhan mood Anda. Jantung yang mempunyai tugas memompa aliran darah pun juga tak akan bekerja secara berat alias berlebihan. Penyakit lainnya yang akan hengkang dari tubuh Anda ialah penyakit pikun alias Alzheimer. Pasalnya, berolahraga dipercaya dapat meningkatkan ketajaman daya ingat Anda, terutama bila dilakukan di pagi hari.

Manfaat Fantastis Olahraga Rutin pada Tubuh | Breaktime
olahraga rutin dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

Nah, apabila Anda sudah terbebas dari ancaman penyakit, Anda tentu akan merasa lebih berenergi dan percaya diri. Produksi hormon endorfin atau hormon kebahagiaan pada tubuh Anda pun bertambah secara pesat sehingga Anda akan merasa lebih bersemangat sepanjang hari. Saat bekerja, fokus Anda pun menjadi jauh lebih baik dan hasilnya, pekerjaan Anda jadi terselesaikan secara maksimal dan nyaris tanpa hambatan.

Kalau seperti ini, dengan kata lain, lewat rutin berolahraga maka kegiatan harian Anda dapat menjadi lebih lancar. Alhasil, Anda akan menjadi lebih bahagia dan niscaya Anda akan terhindar dari segala bentuk stres.  Hal ini akan amat berpengaruh pada aktivitas harian Anda yang lain seperti aktivitas tidur harian atau aktivitas makan harian Anda, B’timers.

Yap, Anda dapat dipastikan terhindar dari yang namanya insomnia karena olahraga terbukti dapat membuat Anda menjadi lebih rileks. Sedangkan untuk aktivitas makan, olahraga digadang-gadang dapat membuat pola makan menjadi lebih terkontrol sehingga berat badan ideal pun akan dapat dengan mudah Anda raih. Nafsu makan pun kenyataannya juga dapat dipengaruhi oleh baik-buruknya pola tidur lewat produksi hormon tertentu, lho.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat olahraga rutin yang dapat diraih? Kerennya lagi, manfaat-manfaat di atas dapat dikatakan sebagai deretan manfaat yang berkesinambungan karena mereka memang terhubung secara erat oleh satu sama lain. Perlu Anda ketahui juga B’timers bahwa berolahraga tidak melulu berarti Anda harus pergi ke gym. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit saja kok untuk didedikasikan dalam aktivitas berolahraga sehari-hari. Tak usah juga Anda melakukan olahraga yang berat-berat. Cukup mulai aktivitas olahraga harian Anda dengan melakukan kegiatan simpel seperti berjalan kaki hingga berlari. Selamat mencoba dan semoga Anda dapat mendulang aneka manfaatnya ya!  (kps)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE