Secara Ilmiah, Pria Lebih Terbuka Akan Sentuhan | Breaktime
Secara Ilmiah, Para Pria Lebih Terbuka Terhadap Sentuhan
01.11.2015

Bagaimana perasaan Anda jika dipeluk orang yang baru saja dikenal? Atau bagaimana juga perasaan Anda jika disentuh terlalu lama oleh orang yang baru saja dikenal? Apakah merasa risih atau bahkan senang?

Para peneliti dari Oxford University menggelar sebuah survei tentang kenyamanan orang ketika disentuh dan bagian mana saja yang sensitive terhadap sentuhan. Penelitian tersebut mengambil sampel sebanyak 1500 perempuan dan laki-laki dari Finlandia, Italia, Rusia, Britania, dan juga Perancis. Partisipan sebanyak itu diarahkan untuk mewarnai gambar tubuh manusia bagian mana yang boleh disentuh dan tidak.

Tidak mengeherankan jika para peneliti menemukan bahwa, ketika semakin mengenal orang lain dan menjadikannya orang dekat semakin bahagia jika ada sentuhan secara fisik baik lelaki ataupun wanita. Bahkan berdasarkan pada sebuah jurnal di Proceedings of the Royal Academy of Sciences, para pria akan merasa nyaman dan membiarkan perempuan yang baru dikenalnya menyentuh seluruh tubuhnya, bahkan alat kelaimnnya. Sedangkan para wanita, tidak serta merta membiarkan orang yang baru dikenalnya untuk menyentuh bagian tubuhnya. Para wanita tersebut hanya akan memperbolehkan para pria memegang tangannya.

Di sisi yang lain, para wanita ini lebih terbuka terhadap sesama jenis dibandingkan dengan pria. Para pria akan memiliki reaksi negatif jika tubuhnya disentuh oleh pria lain yang baru dikenalnya meskipun itu hanya di kaki ataupun kepala.

Dari penelitian yang digelar itu, diketahui bahwa orang-orang Britania paling tertutup dengan sentuhan. Sedangkan mereka yang dari Finlandia sangat terbuka dengan sentuhan. Berikut ini gambar bagian-bagian yang bisa disentuh baik pria ataupun wanita:

Secara Ilmiah, Pria Lebih Terbuka Akan Sentuhan | Breaktime
Inilah tabel siapa yang boleh menyentuh dan bagian mana saja

Dari tabel gambar di atas, diketahui bahwa laki-laki lebih terbuka untuk sentuhan daripada wanita. Menarik juga ya, B’timers! 

Share This Article