Jenggot Ternyata Baik Untuk Kesehatan Loh! | Breaktime
Secara Ilmiah, Jenggot Ternyata Baik Untuk Kesehatan
06.11.2015

Belakangan ini tren menumbuhkan jenggot mulai banyak diterapkan, mulai dari anak muda kekinian hingga orang dewasa paruh baya. Selain mengikuti tren, beberapa juga menumbuhkan jenggot atas anjuran agamanya. Tapi, tahukah Anda bahwa menumbuhkan jenggot dapat memberikan banyak manfaat?

Memperlambat proses penuaan

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Radiation Protection Dosimetry, ditemukan fakta bahwa jenggot dapat memblokir 90 sampai 95% dari sinar UV untuk menyentuh kulit. Kemampuan ini sangat berguna karena dapat mencegah keriput, bahkan menurunkan risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV.

Jenggot Ternyata Baik Untuk Kesehatan Loh! | Breaktime
Tetap bergaya dengan jenggot

Mencegah iritasi

Cara mencukur jenggot yang salah kerap kali menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Bahkan, tak sedikit yang akhirnya menyebabkan benjolan kecil seperti jerawat karena mencukur dalam keadaan kulit yang terlalu kering atau kotor. Dengan menumbuhkan jenggot, Anda tak perlu repot bercukur dan khawatir terjadi iritasi pada kulit wajah.

Mengurangi gejala alergi dan asma

Dr. Clifford W. Bassett, direktur medis dari Allergy and Asthma Care of New York, menyampaikan bahwa jenggot dapat menjadi perangkap bagi debu dan kotoran lain sebelum sempat terhirup oleh saluran pernapasan. Artinya, jenggot akan mencegah polutan penyebab penyakit atau infeksi masuk kedalam tubuh Anda.

Menjaga kelembapan kulit

Jengot merupakan pelembab alami bagi kulit wajah. Jenggot mampu untuk menghasilkan dan mempertahankan minyak alami kulit. Rambut-rambut ini juga dapat mencegah angin dan handuk yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Pria berjenggot tak lagi membutuhkan pelembab berbahan kimia untuk menjaga kelembaban kulit wajahnya.

Membuat tetap hangat

Seorang pria di Kanada bernama Pete Hickey, mencoba untuk mencukur setengan bagian jenggotnya ketika musim dingin. Selanjutnya, ia berpendapat bahwa jenggot memang benar-benar dapat menjaga wajah tetap hangat. Sebenarnya kemampuan jengot yang satu ini, tak jauh beda dengan fungsi rambut di kepala kita.

Simbol maskulinitas

Jenggot adalah cara tepat untuk tampil maskulin dan tetap fashionable. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Evolution and Human Behavior, mengungkapkan bahwa baik pria maupun wanita menganggap pria berjenggot lebih maskulin dibanding pria dengan wajah tanpa jenggot. Tapi, yang paling disukai adalah jenggot yang tidak terlalu panjang, sekitar 10 hari untuk menumbuhkannya.

Jadi, berencana untuk menumbuhkan jenggot mulai sekarang? (dfr)

Share This Article