Sebenarnya, Apa Sih Fungsi Obat Cytodrox? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Sebenarnya, Apa Sih Fungsi Obat Cytodrox?
26.11.2015
“Apa fungsi obat cytodrox?”
Miana Kadang (15), Makassar

Cytodrox 500 mg, Berisi Hydroxyurea. Obat ini merupakan obat kemoterapi yang digunakan untuk pengobatan kanker darah, yaitu Kronik Leukemia Mieloid (CML) pada fase dini atau fase lanjutan. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan DNA pada penderita kanker.

Meski bermanfaat untuk memerangi kanker, nyatanya Cytodrox juga memiliki sejumlah efek samping yang bisa mengganggu kesehatan. Efek samping tersebut antara lain adalah diare, konstipasi atau susah BAB, mual, muntah,pusing, kebotakan, halusinasi, kejang, penurunan fungsi sum-sum tulang, serta kekurangan sel darah putih.

Sebenarnya, Apa Sih Fungsi Obat Cytodrox? | Breaktime
Tampilan Cytodrox yang digunakan pada kasus tertentu

Pemakaian Cytodrox sebenarnya tidak dibolehkan bila tubuh mengalami penurunan fungsi sum-sum tulang, kekurangan Jumlah sel darah putih, kekurangan trombosit, anemia yang berat, dan pada ibu hamil dan menyusui. Sebab, Cytodrox bersifat teratogenik alias dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

Informasi ini juga memperkuat penelitian yang dilakukan oleh pihak FDA (Food and Drug Administration). Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa Cytodrox masuk dalam kategori D. Ini artinya, obat tersebut dapat menimbulkan kecacatan pada janin. Oleh karena itu, pemberian Cytodrox pada ibu hamil sangat dibatasi, yakni hanya diberikan ketika kondisi kehamilan mengancam jiwa sang ibu sehingga Cytodrox terpaksa diberikan.

Tak heran bila pemakaian obat Cytodrox memang sangat diperketat dan tidak bisa ditemukan di sembarang apotek, terlebih tanpa resep dokter. Nah, demikian penjelasan singkat mengenai antibiotik Cytodrox. Semoga penjelasan ini bisa menjawab pertanyaan Miana, ya!

Share This Article