#SaveAmarilis, Berdekatan dengan Alam Lebih Baik | Breaktime
#SaveAmarilis, Bangun Kedekatan dengan Alam Lebih Baik
30.11.2015
“If more of us love nature, the environment will tak care of itself.”

Cinta dan kepedulian memang sangat dibutuhkan saat ini. Sayangnya, hal ini tak diwjudukan oleh sebagian besar pengunjung taman amarilis di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pasalnya, kebun bunga berwarna oranye tersebut rusak terinjak-injak oleh warga yang nekat foto selfie di tengah taman.

Ulah memprihatinkan pengunjung taman bunga amarilis ini terjadi karena rendahnya kesadaran lingkungan. Oleh karena itu, Breaktime spesial mengupas cara agar Anda lebih peduli dan punya ikatan emosional yang kuat dengan lingkungan:

#SaveAmarilis, Berdekatan dengan Alam Lebih Baik | Breaktime
Kondisi kerusakan taman amarilis akibat aksi selfie tak bertanggung jawab

Nikmati me time di alam bebas

Anda tak akan bisa merasakan istimewanya alam raya bila tak meluangkan waktu khusus menikmatinya. Yap, nikmatilah kejaiban dan keindahan alam dalam kesunyian B’timers. Luangkan waktu khusus untuk bepergian ke sejumlah tempat menarik dan renungkanlah akan kebesaran sang Pencipta.

Di sinilah Anda akan merasa sebagai makhluk kecil yang tak berdaya tanpa keteraturan alam. Momen inilah yang akan menjadikan B’timers sadar bahwa kadang keindahan itu hanya untuk disyukuri dan dikagumi, bukan “dimiliki” apalagi dengan pengerusakan.

Pergilah ke lokasi konservasi alam

Ada banyak lokasi konservasi alam menakjubkan yang benar-benar menyegarkan pikiran Anda. Dan, di balik kesejukan tempat tersebut, Anda juga akan belajar proses perawatan alam yang benar-benar tak mudah.

Untuk lahan seluas 2000 meter persegi dibutuhkan tak kurang dari 2 ton benih amarilis dan butuh waktu lama serta kesabaran ekstra tinggi untuk menumbuhkannya. Pikirkanlah jerih payah para penanam bunga atau tanaman di sekitar Anda. Dengan begitu B’timers akan lebih menghargai setiap keindahan taman yang ada.

#SaveAmarilis, Berdekatan dengan Alam Lebih Baik | Breaktime
Berkebun membangun kedekatan emosional dengan alam lebih baik

Mulai berkebun

Kecintaan pada tanaman tak akan tumbuh sempurna bila Anda belum merasakan berkebun atau menanam bunga sendiri. Memiliki pengalaman langsung merawat tanaman secara tidak langsung akan mengasah kepekaan Anda pada lingkungan dan kecintaan pada tanaman.

Mulai saja memiliki tanaman kecil seperti kaktus atau satu pot mungil berisi bunga mawar atau jenis tanaman lainnya. Rawatlah mereka setiap hari dan perlakukan layaknya makhluk hidup lain yang perlu disayangi dengan perawatan yang tepat.

Berburu majalah alam

Berburu majalah yang fokus pada keindahan alam, flora, dan fauna juga sangat bagus untuk mengasah kepekaan pada lingkungan. Bahkan, bisa jadi B’timers akan terkaget-kaget dengan aksi sejumlah ilmuwan luar negeri yang menghabiskan banyak waktunya hanya untuk meneliti satu spesies flora ataupun fauna saja. Can you imagine that?

Mulai sekarang, lakukanlah aktivitas super fun tanpa perlu merusak lingkungan, ya. Buang keegoisan untuk foto selfie di taman amirilis atau lokasi lainnya bila itu harus dibayar dengan kondisi alam yang rusak. (vsc)

Share This Article