Sariawan atau Kanker? Ini Gejala Kanker Mulut | Breaktime
Sariawan atau Kanker? Ini Gejala Kanker Mulut
29.11.2017

Musim hujan seperti ini sudah pasti mengundang virus Flu. Tidak hanya batuk dan bersin-bersin, jika sistem imunitas tubuh tidak segera ditingkatkan, bukan tidak mungkin Anda juga akan terserang sariawan, lho. Sariawan memang sangat mengganggu, walaupun biasanya dalam hitungan minggu akan mereda dengan sendirinya. Tapi jika B’Timers mengalami gejala lain seperti adanya benjolan tebal di bagian mulut atau tenggorokan, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Karena ada kemungkinan itu bukanlah gejala sariawan biasa melainkan gejala kanker mulut.

Ya, kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang dapat muncul di area mulut atau di area tenggorokan. Dampak dari kanker mulut yang terlambat ditanggulangi sangatlah fatal karena kanker ini tidak hanya dapat menginfeksi mulut Anda, tapi sel-sel kanker tersebut juga dapat menyebar ke jaringan tubuh lainnya. Pendeteksian gejala awal kanker akan sangat berpengaruh terhadap kesembuhan Anda. Jadi yuk, waspadai gejala kanker mulut berikut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Seperti yang sudah BreakTime sampaikan sebelumnya, salah satu gejala awal dari kanker mulut adalah adanya benjolan yang disertai dengan rasa nyeri yang muncul di bagian mulut atau tenggorokan. Jika benjolan tersebut muncul di bagian tenggorokan, Anda akan merasa seakan ada gumpalan yang tersangkut di tenggorokan Anda.

Pada permukaan bibir atau bagian dalam mulut Anda juga akan muncul luka menyerupai sariawan berwarna merah dan putih. Karena kemiripannya dengan luka sariawan, sebagian besar penderita akan menganggap luka tersebut sebagai angin lalu. Tapi, Anda benar-benar perlu wajib waspada jika luka ‘sariawan’ tersebut tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Sariawan atau Kanker? Ini Gejala Kanker Mulut | Breaktime
Deteksi dini gejala kanker mulut sangatlah penting

Jika penderita kanker mulut telah berusia lanjut dan harus mengenakan gigi palsu, adanya benjolan tersebut akan menghalanginya dalam mengenakan gigi palsu dengan nyaman. Gejala kanker mulut yang selanjutnya adalah rasa sakit, atau bahkan mungkin mati rasa di bagian mulut Anda, tak terkecuali area lidah. Rasa sakit tersebut pun tak jarang merambat ke area telinga Anda, namun tidak mengganggu daya pendengaran Anda.

Dalam tahap yang lebih akut, Anda mengalami kesulitan dalam menggerakkan rahang atau lidah sehingga mengakibatkan kesulitan dalam berbicara. Dalam tahap ini, Anda juga akan mengalami kesulitan dalam mengunyah dan menelan makanan. Beberapa gigi Anda juga akan tanggal tanpa adanya penyebab yang jelas. Anda juga akan merasakan sakit tenggorokan yang membuat suara Anda menjadi serak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan

Kira-kira apa saja ya penyebab dari kanker mulut? Sayangnya sampai saat ini tenaga medis belum bisa memberikan kesimpulan pasti dari penyebab utama kanker mulut. Tapi yang jelas, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami peningkatan resiko terkena kanker mulut. Perokok aktif menduduki peringkat pertama, sesuai dengan hasil laporan dari Mouth Cancer Foundation. Hasil dari laporan tersebut menunjukkan bahwa sekitar 90 persen penderita oral cancer merupakan seorang perokok aktif. Ditengarai senyawa kimia karsinogen dan zat kimia berbahaya lainnya dapat memicu sel-sel di dalam jaringan mulut berubah menjadi sel radikal bebas.

Peminum alkohol juga memiliki resiko yang sama besarnya. Sehingga memang ada baiknya Anda menghindari minuman beralkohol sama sekali. Namun jika minuman alkohol sudah menjadi bagian dari hidup Anda, maka turutilah batas konsumsi alkohol sesuai dengan guidelines kesehatan. Untuk pria, batas konsumsi alkohol adalah sebanyak 2 gelas per hari, sedangkan bagi perempuan, Anda hanya diperbolehkan minum alkohol sebanyak 1 gelas per hari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Awas! Ini Bahaya Batu Ginjal pada Wanita

Mengaplikasikan lip balm dengan kandungan SPF juga dapat membantu melindungi bibir dan mulut Anda dari pancaran sinar radikal bebas UltraViolet. Dan jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Selalu waspada akan gejala kanker mulut dan mulai perbaiki gaya hidup kita yuk, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE