Sarapan Itu Wajib Inilah Pentingnya Sarapan Pagi | Breaktime
Sarapan Itu Wajib! Inilah Pentingnya Sarapan Pagi
17.12.2016

Hai, B’Timers! Sudahkah Anda memulai hari dengan sarapan pagi? Semenjak kecil tentu Anda sudah sering sekali dilatih untuk mengkonsumsi sarapan pagi sebelum Anda berangkat ke sekolah, walaupun tidak jarang kebiasaan tersebut lama-kelamaan luntur setelah Anda memasuki masa kuliah atau memasuki dunia kerja. Kegiatan sarapan mungkin terdengar sangat sepele, lagipula Anda dapat merangkapnya dengan makan siang di kantor. Akan tetapi, tahukah Anda seberapa pentingnya sarapan pagi?

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan menyibak betapa pentingnya sarapan pagi sebelum Anda memulai aktivitas. Sarapan pagi memberikan berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh Anda, terutama jika Anda sedang melakukan program diet. Salah satu manfaat dari sarapan pagi adalah ia memberikan energi yang dibutuhkan untuk tubuh untuk memulai aktivitas di pagi hari. Tanpa sarapan pagi, tubuh Anda secara otomatis terpaksa menghemat pengeluaran energi sehingga mengakibatkan tubuh Anda terasa lemas dan tidak bertenaga. Tidak jarang Anda akan merasakan pusing atau mual.

Baca juga : ASAM LAMBUNG BERLEBIH? BEGINI CARA MENGATASINYA!

Bagi Anda yang sering melewatkan sarapan pagi, hampir dapat dipastikan bahwa saat makan siang Anda akan makan nasi dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan rekan Anda yang telah sarapan terlebih dahulu. Kecenderungan mengkonsumsi jumlah makanan yang sangat banyak saat makan siang tersebut disebabkan oleh tubuh yang menuntut jumlah asupan kalori yang menghilang selama Anda beraktivitas. Hal tersebut dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah dan membuat berat badan Anda bertambah.

Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi sarapan pagi sebelum pergi ke tempat kerja, sehingga saat makan siang tubuh Anda hanya memerlukan asupan kalori yang lebih sedikit. Bagi Anda yang menderita penyakit lambung atau maag, beraktivitas tanpa mengkonsumsi sarapan pagi terlebih dahulu dapat mengakibatkan perut Anda terasa perih, bahkan dalam beberapa kasus Anda akan merasakan mual. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung yang melukai dinding lambung. 

Sarapan Itu Wajib Inilah Pentingnya Sarapan Pagi | Breaktime
Sarapan itu sangat baik untuk kesehatan, B’Timers!

Asam lambung sebenarnya diproduksi oleh organ lambung sebagai enzim untuk membantu pencernaan makanan, dan pagi hari merupakan saat dimana lambung memproduksi asam lambung. Jika pada saat itu tidak ada makanan yang melintasi lambung, asam lambung tersebut akan menggerus dinding lambung sebagai gantinya sehingga mengakibatkan dinding lambung terluka. Itulah mengapa bagi penderita maag, mengkonsumsi sarapan pagi sangatlah penting untuk mencegah kambuhnya serangan maag.

Untuk mendukung kegiatan Anda sehari-hari, tubuh memerlukan asupan energi yang cukup, dan organ otak Anda bukanlah pengecualian. Agar otak dapat memberikan performa yang maksimal, ia membutuhkan asupan glukosa yang cukup, dan zat glukosa tersebut dapat diperoleh dari makanan-makanan berkarbohidrat. Apabila Anda melewatkan sarapan, terutama sarapan berkarbohidrat, otak Anda tidak akan mendapatkan energi yang cukup sehingga kemampuan kognitif otak akan menurun dan mengakibatkan Anda mengalami kesulitan dalam berpikir. Selain itu, otak juga akan mengalami penurunan  daya konsentrasi dan menyebabkan konsentrasi Anda terganggu. 

Baca juga : SARAPAN CEPAT SAJI INI PUNYA KANDUNGAN NUTRISI !

Selain itu dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur dapat menurunkan resiko serangan diabetes ketika Anda menginjak usia lanjut. Sarapan pagi menjaga agar metabolisme tubuh berlangsung lancar, dan sebaliknya, dengan tidak mengkonsumsi sarapan Anda akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Tubuh Anda akan mengalami peningkatan asam lemak yang jika dibiarkan terjadi hingga berulang kali dapat mengakibatkan resistensi insulin yang pada akhirnya berujung pada penyakit diabetes.

Nah, setelah mengetahui pentingnya sarapan pagi di atas, rasanya tidak lagi dibutuhkan alasan untuk menunda sarapan. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa menu sarapan pagi Anda memiliki kandungan nutrisi baik seperti protein, karbohidrat, serta vitamin dan serat. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE