Sambut Musim Panas dengan Tips Menata Kebun Ini | Breaktime
Sambut Musim Panas dengan Tips Menata Kebun Ini
07.04.2016

Saat ini di banyak negara mulai menengok atap sebagai ladang baru untuk berkebun. Ide unik tersebut layak ditiru, apalagi bagi mereka yang tidak memiliki lahan cukup luas untuk berkebun. Ya, berkebun memang salah satu hobi yang memberikan banyak manfaat, jadi kegiatan ini tidak terbatas untuk mereka yang suka bercocok tanam saja, B’timers. Dan berikut Breaktime beri bocoran sedikit mengenai tips menata kebun.

Clean up

Sepanjang musim hujan, taman Anda menjadi sedikit berantakan dan tidak tertata. Nah, sebelum mulai berkebun, pertama bersihkan semua sudut taman Anda dari rumput, ranting pohon, daun dan sampah lainnya, B’timers. Lakukan juga hal yang sama pada pohon dan semak-semak. Potong setiap cabang yang rusak atau mati, karena selain akan tampak buruk, juga dapat menghalangi pertumbuhan mereka, lho.

Sambut Musim Panas dengan Tips Menata Kebun Ini | Breaktime
Ada banyak jenis bunga yang bisa ditaman di kebun

Keluarkan alat-alat kebun

Buka lemari penyimpanan Anda dan keluarkan semua alat berkebun yang disimpan selama musim hujan. Sebelum menggunakannya, pastikan alat-alat tersebut siap. Bersihkan dengan sabun dan air jika perlu. Dan untuk peralatan yang gagangnya terbuat dari kayu, Anda harus lebih memberikan perhatian lebih, B’timers. Jika ada yang sudah lapuk atau pecah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Sentuhan khusus untuk tanah

Anda perlu membalik tanah dengan garpu rumput untuk membersihkan dari tanaman perusak yang telah tumbuh selama musim hujan. Lalu tambahkan kompos segar dari sampah dapur atau pupuk kandang yang dapat dibeli di toko, untuk memberi nutrisi tambahan pada tanah yang akan ditanami. Sebaiknya lakukan ini beberapa minggu sebelum berkebun, ya, B’timers.

Sambut Musim Panas dengan Tips Menata Kebun Ini | Breaktime
Pindahkan tanaman yang mulai besar ke pot yang lebih besar

Buat rencana

Salah satu tips menata kebun yang baik adalah perencanaan taman, ini merupakan bagian yang penting, lho, B’timers. Lakukan pengamatan untuk melihat bunga dan sayuran apa yang baik ditanam di halaman Anda. Sebaiknya datangi tempat pembibitan lokal untuk mendapatkan rekomendasi dari ahlinya. Selain itu perhatikan juga ukuran tanaman. Ini untuk memastikan tanaman yang tinggi tidak menghalangi matahari untuk tamanan yang pendek.

Jangan tanam lalu meninggalkannya!

Pemeliharaan selama musim panas juga merupakan kunci untuk mendapatkan kebun yang indah. Jadi setelah bunga-bungan bermekaran, jangan Anda biarkan begitu saja, B’timers. Perhatikan kebutuhan air dari setiap jenis tanaman yang ada di kebun. Selain itu, berikan pupuk secara teratur. Dan jangan menanam terlalu banyak dalam satu pot, ya, B’timers?

Sambut Musim Panas dengan Tips Menata Kebun Ini | Breaktime
Siram kebun secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah

Nah, dengan tips menata kebun tadi, Anda sudah siap untuk menyambut musim panas bersama kebun yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman, B’timers? Selamat berkebun! (NO)

Share This Article