Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah? | Breaktime
Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah?
15.11.2017

Yang namanya faktor “U” alias “usia” memang tidak dapat ditahan lajunya. Seiring dengan bertambahnya usia Anda, B’Timers mungkin akan merasakan berbagai macam perubahan pada tubuh Anda. Anda jadi mudah merasa pegal-pegal di bagian persendian dan mudah merasa lelah. Apalagi jika Anda sudah mencapai usia 30 tahun, keluhan nyeri sendi yang umumnya terjadi di bagian pinggang  semakin sering muncul. Hal tersebut merupakan efek dari massa otot yang menurun dan volume tulang dan sendi yang makin rapuh. Tapi ketika rasa sakit tersebut muncul di bagian pinggang sebelah kiri, haruskah Anda khawatir? Apa sih yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cara Mencegah Diabetes Turunan lewat Hidup Sehat

Ternyata penyebab dari sakit pinggang sebelah kiri sangat bermacam-macam. Penyebab yang paling umum diakibatkan oleh posisi tubuh yang salah ketika Anda mengangkat barang-barang yang berat sehingga mengakibatkan otot pinggang sebelah kiri Anda tertarik. Atau bisa juga akibat gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba.

Misalnya ketika Anda merasa pegal setelah duduk di depan komputer terlalu lama, gerakan memutar tubuh yang ditujukan untuk melemaskan otot yang kaku justru bisa mengakibatkan otot Anda terpelintir dan mengakibatkan rasa nyeri. Aktivitas sesederhana seperti tertawa, batuk, atau bersin saja bisa jadi sangat menyakitkan. Kondisi ini disebut dengan istilah muscle strain. Untuk meredakan keseleo di bagian pinggang sebelah kiri ini, B’Timers lebih baik fokus beristirahat dan mengompres bagian pinggang yang terkena nyeri dengan kompres es setiap 20 menit. Es batu diketahui manfaatnya untuk membantu menenangkan otot yang terkilir, lho. 

Sakit Pinggang Sebelah Kiri; Berbahayakah? | Breaktime
Apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kiri?

Tapi selain itu, rasa sakit di pinggang sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain. Salah satunya adalah skiatika atau syaraf terjepit. FYI, di antara sela-sela tulang belakang kita terdapat bantalan otot yang disebut dengan disc. Seiring dengan bertambahnya waktu, bantalan syaraf tersebut bisa menjadi aus, menyusut, atau bahkan membengkak.

Pembengkakan bantalan disc tersebut disebut dengan herniated disc atau HNP. HNP inilah yang menekan syaraf tulang belakang dan mengakibatkannya terjepit. Dan karena syaraf adalah jaringan yang sangat sensitif, muncullah rasa nyeri yang tidak jarang mengakibatkan penderitanya mengalami lemah otot tungkai hingga mati rasa. Siapapun dapat terserang skiatika, walaupun yang paling rawan adalah lansia dan orang dengan berat badan berlebihan (obesitas).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudah Tahu Pengertian Multiple Sclerosis?

Walaupun terdengar gawat, skiatika bukan jenis penyakit yang membahayakan nyawa Anda. Penderita skiatika umumnya akan pulih dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa minggu sehingga Anda tidak perlu untuk memeriksakan diri ke dokter. Rasa nyeri akibat skiatika juga bisa diredam dengan mengompres bagian yang nyeri dengan kompres air hangat. Namun jika dalam jangka waktu tersebut skiatika Anda semakin bertambah parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Selain skiatika, rasa nyeri di pinggang kiri bisa juga merupakan gejala dari sakit batu ginjal lho. Sedikit berbeda dibandingkan dengan nyeri akibat skiatika, nyeri dari batu ginjal umumnya menjalar hingga daerah sekitar perut bagian bawah hingga bagian pangkal paha. Anda juga sering sekali ingin buang air kecil tapi jumlah air seni yang keluar sangat sedikit, dan tidak jarang Anda melihat darah yang muncul beserta dengan urin.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Penyakit batu ginjal harus segera diobati, karena jika dibiarkan saja maka batu ginjal yang terbentuk dapat menyumbat total saluran kencing. Penyakit komplikasi akibat batu ginjal yang tidak segera ditanggulangi adalah gagal ginjal dan uremia, atau keracunan urine. Yang tentu saja, akibat dari penyakit komplikasi tersebut sangatlah fatal. Jadi, jika Anda mengalami gejala sakit pinggang sebelah kiri yang disertai dengan gejala lanjutan susah buang air kecil segeralah memeriksakan diri ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetaplah jaga kesehatan Anda ya, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE