Sakit Pinggang Akibat Ginjal, Ini Tanda Lainnya! | Breaktime
Sakit Pinggang Akibat Ginjal, Ini Tanda Lainnya!
28.11.2016

Lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika hidup dengan penyakit ginjal, namun kebanyakan tidak ada yang menyadari hal tersebut, B’timers. Sebenarnya ada beberapa tanda fisik yang bisa Anda perhatikan, lho. Namun tidak jarang orang-orang menghubungkan tanda-tanda tersebut dengan kondisi kesehatan yang lainnya. Bahkan ada penderita yang tidak mengalami gejala hingga kondisi melampau parah.

Banyak orang yang menderita penyakit ginjal tak benar-benar menyadari hal tersebut, karena seringkali tanda maupun gejala awal dari penyakit ginjal bisa sangat tidak kentara. Pada setiap tahap dari penyakit ginjal, pengetahuan adalah kunci utama yang harus Anda miliki, B’timers. Dengan Anda mengetahui satu atau lebih gejala dari penyakit ginjal, maka perawatan akan didapatkan dengan lebih cepat, B’timers.

Nah, salah satu yang bisa Anda perhatikan adalah sakit pinggang akibat ginjal. Namun selain itu, berikut ini beberapa tanda dari penyakit ginjal yang perlu diketahui, B’timers!

Baca juga : HATI-HATI DENGAN SEBAB DAN GEJALA TULANG KEROPOS!

Perubahan dari buang air kecil

Seperti yang kita ketahui, ginjal adalah organ untuk memproduksi urin. Dan ketika ada gangguan dalam ginjal, maka tanda pertama yang akan Anda ketahui adalah perubahan pada urin.

  • Sering bangun di malam hari untuk buang air kecil
  • Urin berbusa atau bergelembung
  • Buang air kecil lebih sering, atau dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya, dengan warna urin cenderung pucat
  • Buang air kecil lebih jarang, atau dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya, dengan warna urin cenderung gelap
  • Urin mungkin mengandung darah
  • Kesulitan buang air kecil
Sakit Pinggang Akibat Ginjal, Ini Tanda Lainnya! | Breaktime
Racun yang menumpuk akibatkan pembengkakan pada bagian tubuh

Pembengkakan

Kerusakan yang terjadi di ginjal memungkinkan ginjal tersebut  tak mengeluarkan cairan yang harusnya dibuang. Hal tersebut menyebabkan sisa cairan tersimpan di dalam tubuh dan mengakibatkan terjadi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, wajah atau tangan.

Nyeri pada kaki atau sakit pinggang

Sakit pinggang akibat ginjal merupakan salah satu yang paling sering dikeluhkan penderitanya, B’timers. Biasanya sakit pinggang terasa pada bagian punggung atas hingga paha. Selain itu berikut ini tanda dari penyakit ginjal yang biasa dirasakan:

  • Kista besar pada ginjal maupun hati, terkadang menyebabkan nyeri
  • Infeksi ginjal dan batu ginjal dapat menyebabkan sakit parah, hingga kejang
  • Infeksi kandung kemih menyebabkan rasa terbakar ketika buang air kecil
  • Rasa yang sangat menyakitkan ketika buang air kecil

Kelelahan berlebih

Apabila ginjal dalam kondisi sehat, maka ginjal akan memiliki kemampuan untuk memproduksi hormon eritropoietin atau EPO. Hormon tersebutlah yang memberitahu tubuh Anda memproduksi sel-sel darah merah untuk membawa oksigen. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan EPO akibat penyakit ginjal, sel darah merah pembawa oksigen akan berkurang. Akibatnya adalah otot dan otak cepat merasa lelah.

Baca juga : JANGAN PANIK! INI TIPS MENGOBATI SARAF TERJEPIT!

Ruam kulit atau gatal

Seperti yang kita ketahui, ginjal bekerja untuk membuang limbah dan racun yang terkandung di dalam darah. Dan ketika ginjal mengalami gangguan kesehatan, racun dalam darah tidak dapat dikeluarkan. Hasilnya adalah akan menyebabkan gatal parah di sebagian area di tubuh.

Sakit Pinggang Akibat Ginjal, Ini Tanda Lainnya! | Breaktime
Sakit ginjal bisa hilangkan nafsu makan penderitanya, B’timers

Rasa logam di mulut atau napas berbau ammonia

Penumpukan racun dalam darah, yang dialami oleh penderita penyakit ginjal akan menyebabkan rasa makanan terasa jauh berbeda dan juga dapat menyebabkan bau mulut. Hal tersebut bisa menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan, B’timers.

Nah, selain sakit pinggang akibat ginjal, tanda-tanda di atas perlu lebih Anda perhatikan, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE