Saat Berdansa, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak | Breaktime
Saat Berdansa, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak
06.05.2016

Anda memutuskan untuk ikut kelas tari baru-baru ini, B’timers? Well, ada beberapa alasan orang-orang menekuni kegiatan ini. Dari sekedar hobi, atau karena tuntutan pekerjaan. Bagi Anda yang hanya berdansa di rumah bersama pasangan atau orang terdekat, kegiatan yang satu ini bisa memberikan efek yang cukup menyenangkan. Dan luar biasanya, ada 5 hal yang terjadi pada otak saat berdansa, lho, B’timers!

Meningkatkan ketajaman mental

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Albert Einstein College of Medicine di New York, telah menemukan beberapa kegiatan kognitif dapat mempengaruhi ketajaman mental. Dan beberapa kegiatan yang disebutkan seperti membaca, mengisi teka-teki silang dan menari! Karena meningkatkan kualitas saraf, menari dapat menghubungkan jalur saraf, sehingga dapat menurunkan risiko demensia hingga sebesar 76 %, B’timers.

Saat Berdansa, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak | Breaktime
Berdansa juga dapat mempererat hubungan Anda dengan pasangan

Membuat Anda lebih cerdas

Untuk mengukur esensi kecerdasan seseorang, adalah dengan melihat berapa waktu yang dibutuhkan seseorang dalam membuat keputusan. Dan berdansa adalah contoh dari aktivitas serba cepat yang menuntut Anda mengambil keputusan dengan cepat, B’timers. Di sini, Anda harus melakukan penyesuaian secepat mungkin dengan gerakan pasangan. Jadi berdansa adalah cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan kecerdasan Anda.

Baca Juga: Artis Muda Indonesia Cantik dan Pintar

Menambah kekuatan otot

Pernah melihat gerakan tango, salsa atau tari tradisional Indonesia jaipong, B’timers? Para penarinya begitu gemulai menggerakkan tubuh sesuai dengan irama musik yang ada. Dan memang mereka dapat mencapai gerakan kompleks dengan lebih mudah. hal ini disebabkan karena mereka telah melalui proses mempelajari setiap gerakan dengan pengkodean.  Jadi disimpulkan salah satu dari 5 hal yang terjadi pada otak saat berdansa adalah membantu meningkatkan kekuatan otot.

Saat Berdansa, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak | Breaktime
Ikut kelas menari untuk meningkatkan kebahagiaan

Memperlambat penuaan

Dikatakan bahwa semakin kompleks sinapsis saraf kita, maka akan semakin baik. itulah mengapa kita harus melakukan apapun untuk menjaga tubuh aktif, sehingga otak mampu membuat jalur saraf baru, B’timers. Ketika Anda beranjak tua, maka sel-sel otak akan mati dan sinapsis menjadi lemah. Itulah mengapa kita semakin sulit mengenali dan mengingat sesuatu. Dengan belajar hal baru, dansa salah satunya, Anda dapat membangun jalur alternatif untuk mengakses informasi yang tersimpan.

Membantu mencegah pusing

Perhatikan, mengapa penari ballet tidak merasa pusing ketika melakukan pirouettes? Penelitian menunjukkan, dengan praktek dan latihan, setiap penari mendapatkan kemampuan untuk menekan sinyal dari organ keseimbangan di telinga bagian dalam yang terkait dengan otak kecil, B’timers. Akibatnya sinyal yang pergi ke area otak akan berkurang. Jadi, jika Anda sering menderita pusing, berdansa adalah pilihan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut, B’timers.

Saat Berdansa, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak | Breaktime
Menarilah di manapun dengan siapapun!

Dan, dengan 5 hal yang terjadi pada otak saat berdansa di atas, segera daftarkan nama Anda dan pasangan dalam kelas menari semester ini, yuk! So, dance now and dance often, B’timers! (NO)

Share This Article