Rutin Olahraga, Rahasia Panjang Umur | Breaktime
Rutin Olahraga, Rahasia Panjang Umur
29.05.2015

Tidak ada yang meragukan bahwa berolahraga secara rutin akan menjadikan tubuh sehat. Bahkan ada ungkapan yang sering didengungkan sejak dini, yaitu mensana in corpore sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Sayangnya, sekarang ini banyak orang yang lebih suka berkutat dengan gadget serta sosial media dan menjadikan olahraga hanya untuk tujuan prestise semata. Kenapa B'timers dianjurkan untuk berolahraga secara rutin? Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Oslo University Hospital, membuktikan bahwa berolahraga secara teratur bisa memperpanjang usia. 

Berolahraga tak perlu berlebihan, asal rutin
Berolahraga tak perlu berlebihan, asal rutin

Dalam penelitian yang dilakukan di Norwegia dengan melibatkan 5.700 lansia berusia 68 - 77 tahun ini, telah mengungkapkan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga dan gerak tubuh setidaknya 3 jam dalam seminggu dapat meningkatkan harapan hidup. Bahkan dalam penelitian tersebut juga mengatakan bahwa hanya melakukan olahraga 1 atau 2 jam saja tidak memiliki efek apapun apabila tidak dilakukan secara rutin setiap harinya.

Selain akan dapat membuat tubuh dan otot terjaga kebugarannya, dengan olahraga, seseorang akan dapat menurunkan risiko terserang penyakit kardiovaskuler sampai dengan 20%, stroke, diabetes dan kanker sampai dengan 50%, bahkan juga dapat digunakan sebagai penangkal stres, depresi, dementia dan alzheimer.

Bahkan, tidak perlu melakukan olahraga berat untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan, asal rutin saja, B'timers akan juga mendapatkan manfaat dari olahraga. So, keep calm and do exercises!

Share This Article