Mengenal Lebih Jauh Tentang Radang Sendi | BREAKTIME
Rheumatoid Arthritis Symptoms
27.02.2015

Radang sendi atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan rheumatoid arthritis merupakan jenis penyakit yang terjadi saat sistem imun menyerang balik tubuh sendiri sehingga menyebabkan peradangan dalam waktu lama pada persendian.

Meski tampak sepele, hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari B’timers. Nah, berikut ini beberapa gejala awal terjadinya rheumatoid arthritis yang telah patut Anda simak:

Rasa nyeri atau sakit yang tak kunjung sembuh

Menurut Lisa A. Mandl, MD, MPH, seorang ahli rheumatologist asal New York, luka atau sakit yang tak kunjung sembuh bisa menjadi salah satu gejala seseorang mengidap penyakit rheumatoid arthritis (RA). Biasanya, hal ini sering terjadi pada orang yang berusia muda. 

Jemari sering kaku dan kesemutan

Salah satu gejala RA adalah jari-jari tangan yang sering kaku dan kesemutan. Kadang, terjadi pula rasa ngilu pada pergelangan tangan. Gejala ini biasa dikenal dengan carpal tunnel syndrome. Jika sindrom ini terjadi, rasa yang muncul akan mirip dengan rasa ketika siku Anda terbentur benda luar yang mengenai urat syaraf. Selain itu, penderita RA juga akan sering menemukan masalah pada bagian kaki misalnya saja kram pada telapak kaki.

Masalah mata

Bukan hanya bagian kaki saja yang sering bermasalah, penderita RA juga rentan terhadap sindrom yang menyerang mata (Sjogrens syndrome). Hal ini ditandai dengan keringnya daerah sekitar mata, mulut, hidung, tenggorokan, kerongkongan karena terjadinya inflamasi yang menyebabkan kulit tak memproduksi minyak alami.

Sering kram saat bangun tidur

Gejala lain yang timbul karena RA adalah sering terjadinya kaku otot atau kram pada bagian tubuh. Ini juga biasa terjadi pada penderita osteoarthritis. Namun jangan sampai salah ya, penderita osteoarthritis akan merasakan sakit di pagi hari dan bertahan dalam waktu maksimal satu jam, namun jika penderita RA akan bertahan lebih lama.

Jika B’timers mengalami salah satu gejala tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter. Semakin dini Anda bisa mengidentifikasi penyakitnya, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh. 

Share This Article