Rela Lembur Tambahan? Ini Resiko Bagi Kesehatan! | Breaktime
Rela Lembur demi Tambahan? Ini Resiko Bagi Kesehatan!
08.07.2016

Anda termasuk pekerja yang suka mengambil jam ekstra setelah pulang kantor, B’timers? Ya, ada yang merasa tidak masalah ketika diharuskan lembur, karena godaan tambahan gaji yang cukup menggiurkan. Padahal itu bisa mendatangkan resiko negatif bagi kesehatan, lho, B’timers. Dan berikut resiko lembur untuk tambahan bagi kesehatan Anda!

Tubuh mengalami kondisi burnout

Ini adalah salah satu kondisi di mana Anda merasa sangat lelah dan kewalahan. Hal ini bisa disebabkan karena stres bekerja atau bekerja terlalu keras, B’timers. Tandanya jika Anda mengalami burnout adalah saat tubuh merasa lelah dan sakit, hingga menyebabkan kesulitan tidur.

Ketergantungan terhadap uang

Jika Anda bekerja lembur hampir setiap hari, kemungkinan positifnya akan ada tambahan penghasilan. Namun tak jarang orang yang mendapatkannya akan menggunakan uang tersebut untuk keperluan yang tidak penting. Dan hal tersebut bisa menjadi masalah yang cukup besar.

Rela Lembur Tambahan? Ini Resiko Bagi Kesehatan! | Breaktime
Uang memang penting, namun keluarga jauh lebih penting

Mengurangi kualitas kehidupan Anda

Selain resiko lembur untuk tambahan bagi kesehatan, lembur juga dapat membuat Anda kehilangan banyak kesempatan menikmati hidup, B’timers. Contohnya saja, pesta ulang tahun buah hati tercinta. Uang memang sangat penting, namun yang lebih penting kehidupan bersosial.

Resiko buruk bagi kesehatan jantung

Dilaporkan bahwa, pekerja yang menjalani 10 jam shift setiap hari, dapat meningkatkan resiko terhadap kesehatan yang berhubungan dengna jantung, B’timers. Bagi mereka, resikonya meningkat hampir sebanyak 60 % jika dibandingkan dengan orang yang bekerja di jam wajar.

Dapat meningkatkan kecelakaan kerja

Berdasarkan data dari National Longitudinal Survey of Youth, menemukan fakta yang mengejutkan, lho. Yaitu, mereka yang bekerja lembur, memiliki kesempatan 61 % lebih besar mendapatkan kecelakaan kerja, B’timers. Semakin banyak jam kerja yang Anda ambil, semakin besar pula resikonya.

Nah, untuk Anda yang masih suka mencari tambahan pendapatan dengan lembur, resiko lembur untuk tambahan bagi kesehatan harus lebih diperhatikan. Lembur memang boleh, tapi jangan sampai Anda lembur setiap hari, ya, B’timers? (NO)

Baca juga : Apakah Anda Bekerja Setengah Hati, Ini Cirinya!

Share This Article