Rekomendasi Obat Gigi Sensitif yang Alami Aman | Breaktime
Rekomendasi Obat Gigi Sensitif yang Alami dan Aman
30.11.2017

B’Timers, bayangkan betapa terganggunya Anda ketika kenikmatan menyantap semangkok bakso hangat atau segelas es teh gara-gara rasa nyeri mendadak pada gigi Anda. Dan tenang saja, B’Timers. Karena Anda bukanlah orang-orang satunya yang pernah dihinggapi rasa ketidaknyamanan akibat gigi sensitif. Penyebab dari nyeri akibat gigi sensitif bisa bermacam-macam. Mulai dari akibat kebiasaan menggosok gigi yang terlalu keras hingga merusak lapisan enamel gigi, hingga akibat gigi berlubang. Untuk meredakannya, ada berbagai macam obat gigi sensitif yang bisa Anda coba.

Kebanyakan obat gigi sensitif tersedia dalam bentuk pasta gigi khusus. Walaupun ada juga cara lain dengan memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi. Tapi, bagaimana jika Anda tidak punya waktu untuk menyusun appointment. No worries, B’Timers. Karena Anda bisa mencoba solusi meredakan nyeri gigi sensitif yang alami dan lebih ramah di kantong.

Cara tradisional yang paling umum diketahui adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda hanya perlu mencampur ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Anda bisa berkumur, atau mendiamkan larutan air tersebut di dalam mulut Anda selama beberapa menit. Ludahkan air tersebut dan ganti berkumur dengan air biasa. Lakukan perawatan ini paling tidak sebanyak 2 kali sehari. Larutan air garam berfungsi untuk membunuh bakteri yang menginfeksi gigi, sehingga jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan gigi Anda tidak akan terasa sakit lagi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tentang Trisomy 13 yang Merenggut Adam Fabumi

Selain air garam, Anda juga bisa menggunakan pasta cengkeh lho. Caranya, campurkan 2 bunga cengkeh utuh yang dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun hingga konsistensinya berubah menjadi pasta. Setelah itu, aplikasikan pasta cengkeh tersebut pada bagian gigi Anda yang sakit dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.  

Rekomendasi Obat Gigi Sensitif yang Alami Aman | Breaktime
Cengkeh bisa jadi obat gigi sensitif alami

Atau, Anda bisa menggunakan campuran air  cengkeh untuk berkumur. Caranya cukup tambahkan 5 atau 6 tetes minyak cengkeh ke dalam ½ gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur. Sifat anti-bacterial yang dimiliki cengih dapat membantu membasmi bakteri perusak lapisan enamel gigi. Selain itu, kandungan anti-inflammatory-nya juga bermanfaat untuk membantu meredakan peradangan gusi yang bisa jadi turut menyertai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspada Penyebab Kanker Paru-Paru Selain Merokok

Cara alternatif lain adalah dengan menggunakan bawang putih. Memang metode satu ini bisa membuat aroma mulut Anda jadi aduhai, tapi manfaat yang dibawa senyawa allicin dalam bawang putih membuat siksaan mulut beraroma Anda jadi lebih bearable. Allicin merupakan senyawa alami yang terdapat di dalam bawang putih yang dapat membunuh bakteri jahat. Bawang putih juga dapat membantu meredakan rasa ngilu gara-gara gigi sensitif.

Cara yang paling praktis adalah dengan memotong bawang putih menjadi 2 bagian dan menggosokkannya pada bagian gigi yang sakit selama 7 hingga 10 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat. Ulangi langkah di atas sebanyak 2-3 kali hingga rasa ngilu tidak lagi terasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ajaibnya Manfaat Kubis Ungu Bagi Kesehatan

Atau, Anda juga membuat pasta bawang putih. Caranya hancurkan satu siung bawang putih, dan campurkan dengan 1-2 tetes air, jangan lupa tambahkan juga beberapa sdt garam dapur. Oleskan pasta bawang putih tersebut pada gigi Anda yang bermasalah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air garam. Ulangi metode perawatan ini sebanyak 2 kali selama beberapa hari, atau hingga gigi Anda tidak lagi merasakan sakit.

Selamat mempraktekkan tips obat gigi sensitif alami di atas, B’Timers. Dan jangan lupa untuk rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan, ya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE