Rasa Sakit & Tidak Nyaman Akibat Menahan Kencing | Breaktime
Rasa Sakit & Tidak Nyaman Akibat Menahan Kencing
02.11.2017

Normalnya, Anda dianjurkan untuk tidak menahan kencing dan segera ke kamar mandi begitu munculnya dorongan untuk kencing. Menariknya, kapasitas kandung kemih manusia dewasa bisa menahan hingga sekita 0,45 kilogram atau 2 gelas air kencing. Dengan demikian, segelas kopi meski mengandung kadar kafein tinggi tidak serta-merta memberikan dorongan untuk kencing. Hampir setiap orang pasti pernah menahan kencing dalam seumur hidupnya, sembari bertanya-tanya adakah akibat menahan kencing yang sedemikian fatal bagi kesehatan?

Mulai dari terlalu sibuk dengan suatu aktivitas hingga terlalu malas untuk beranjak ke kamar mandi, selalu saja ada banyak alasan yang membuat Anda malas untuk buang air kecil. Dorongan kencing yang dirasakan seringkali akan dialihkan dengan kesibukan hingga perlahan hilang atau bahkan semakin kuat dan tak tertahankan lagi. Meski kapasitas kandung kemih manusia dewasa cukup banyak, frekuensi kencing yang sehat bagi manusia dewasa ialah setiap 4 hingga 6 jam sekali. Dilansir dari redbookmag.com, ada berbagai derajat konsekuensi mulai dari yang ringan hingga fatal akibat terlalu sering menahan kencing.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Waspadai Ciri-ciri Kanker Payudara Pria

Bagi wanita, otot pelvis normalnya akan berkontraksi dengan ritme tertentu ketika menahan maupun mengeluarkan kencing. Sayangnya, kekuatan otot pelvis lama-kelamaan akan berkurang apabila terlalu sering menahan kencing. Akibat menahan kencing terus-menerus akan menimbulkan disfungsi pada otot pelvis wanita hingga berujung pada kandung kemih yang tak lagi mampu berfungsi normal. Tentu saja, beberapa situasi seperti ketika di kendaraan umum atau saat rapat penting membuat Anda tidak bisa segera ke toilet. Namun begitu Anda dapat dengan mudah meninggalkan aktivitas, segeralah kencing begitu dorongan itu muncul. 

Rasa Sakit & Tidak Nyaman Akibat Menahan Kencing | Breaktime
Setelah menahan kencing sekian lama, Anda bisa jadi merasa sakit saat akhirnya kencing

B’timers tentu pernah menahan kencing selama beberapa saat lalu merasa lega ketika akhirnya buang air kecil. Sayangnya, rasa lega semacam itu akan berganti dengan sensasi tidak nyaman bahkan cenderung menyakitkan apabila Anda terlalu sering menahan dorongan kencing untuk waktu lama. Begitu Anda kencing setelah menahan sekian lamanya, rasa sakit akan muncul akibat kontraksi otot yang mengencang hingga mengejang di perut bagian bawah Anda. Rasa sakit tersebut dapat bertahan hingga beberapa hari dan hilang dengan sendirinya. Meski tak fatal, tentunya Anda tak ingin terus-menerus merasakan ketidaknyamanan sedemikian rupa bukan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Seluk-beluk Manfaat Kulit Pisang Untuk Rambut

Menahan kencing tentu saja tidak akan membuat kandung kemih Anda meledak seketika. Namun peregangan kandung kemih hingga melebihi batas normal bisa terjadi apabila B’timers terlalu sering menahan kencing untuk waktu lama. Akibat kandung kemih yang membesar dan meregang, tubuh Anda akan kehilangan sinyal alami bahwa kandung kemih Anda telah penuh dan harus segera dikosongkan. Tentu saja dorongan kencing terkadang muncul ketika kandung kemih Anda belum benar-benar penuh, sehingga tak ada salahnya untuk menunggu sejenak.

Beberapa orang dengan kandung kemih yang terlalu aktif bahkan disarankan untuk melakukan latihan pada otot pelvis dan kandung kemih, yakni dengan menahan kencing begitu dorongan semacam itu muncul. Latihan menahan kencing secara rutin akan membantu Anda mendapatkan jadwal kencing yang rutin dan sehat. Sebaliknya, beberapa orang seperti ibu hamil maupun pasien pembesaran kelenjar prostat, neurogenic bladder, gangguan ginjal, hingga urinary retention sangatlah tidak disarankan untuk menahan kencing sama sekali. Pada ibu hamil, menahan kencing dapat memicu risiko terjadinya gangguan kesehatan berupa urinary tract infections.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Thalassemia, Penyakit Langka Berbahaya

Selain pada ibu hamil, gangguan urinary tract infections juga bisa terjadi pada manusia dewasa pada umumnya. Tentu saja, akibat menahan kencing tidak serta-merta menimbulkan urinary tract infections yang pada dasarnya diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri pada saluran kemih. Kurang asupan air dapatmenyebabkan kandung kemih tidak mudah penuh sehingga dorongan kencing pun tidak muncul dalam frekuensi normal. Dampaknya, bakteri yang telah ebrsarang di saluran kemih akan semakin berkembang biak dan menimbulkan infeksi. Semoga Anda kini kian sadar pentingnya untuk segera buang air kecil begitu merasakan dorongan tersebut ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE