Ramuan Tradisional Obat Alternatif Diabetes | Breaktime
Ramuan Tradisional Obat Alternatif Diabetes
07.08.2017

Penyakit diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang terjadi ketika terdapat kurangnya kadar insulin dalam tubuh maupun tubuh yang tidak mampu merespon produksi insulin alami. Pada penderita diabetes, terdapat gejala seperti turunnya berat badan, berkurangnya penglihatan, sakit kepala, sensasi gatal pada tubuh, mudah lelah, rasa lapar berlebih, cepat haus dan sering buang air kecil, hingga luka yang sulit disembuhkan. Kencing manis, nama lain penyakit diabetes, disebabkan oleh tingginya kadar gula darah akibat gangguan sistem metabolisme tubuh. Apabila gejala diabetes diabaikan, akan muncul risiko terjadinya komplikasi hingga penyakit menjadi lebih susah disembuhkan. Untuk mencegah penggunaan obat-obatan kimiawi berlebihan bahkan dilakukannya cuci darah, B’timers dapat beralih kepada obat alternatif diabetes berupa ramuan yang terbuat dari bahan-bahan tradisional.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Benarkah Kopi Jadi Obat Tradisional Diabetes?

Ramuan Buah Mengkudu

Dikenal dengan kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh, yakni Poxeroni yang berfungsi membantu pembentukan alkaloid untuk membuka pori-pori sel dan mempermudah penyerapan nutrisi bermanfaat lainnya ke dalam tubuh. Untuk mengobati diabetes, sajikan buah mengkudu dalam bentuk jus seperti berikut ini:

  1. Siapkan 1 buah mengkudu kemudian parut atau blender. Tambahkan air secukupnya.
  2. Peras dan saring hasil blenderan atau parutan buah mengkudu, lalu encerkan dengan air hangat sesuai selera.
  3. Minum jus mengkudu tersebut hingga habis. Apabila Anda tak tahan dengan rasa dan baunya, Anda dapat menambahkan gula atau madu sesuai selera. 
Ramuan Tradisional Obat Alternatif Diabetes | Breaktime
Bayam juga bisa menjadi alternatif obat diabetes

Ramuan Kunyit

Sebagai salah satu obat tradisional yang mudah ditanam sendiri bahkan banyak dijumpai di sekitar kita, kunyit rupanya merupakan salah satu obat alternatif diabetes mujarab. Anda dapat menyiapkan ramuan kunyit untuk mengobati diabetes dengan cara berikut ini:

  1. Siapkan 1 rimpang kunyit dan setengah sendok garam.                         
  2. Masukan ke dalam panci berisi air lalu rebus hingga mendidih.
  3. Saring air rebusan tersebut lalu biarkan hingga mendingin.
  4. Minumlah air rebusan kunyit tersebut secara teratur sebanyak setengah gelas selama 2 kali dalam seminggu.

Ramuan kunyit ini bermanfaat untuk membuat kadar gula darah menjadi stabil sehingga mencegah timbulnya komplikasi lainnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wajib Tahu, Inilah Dia Gejala Penyakit Diabetes!

Ramuan Mahkota Dewa

Mahkota dewa telah lama tersohor sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Popularitas tanaman tersebut rupanya juga disebabkan oleh manfaatnya dalam mengobati penyakit diabetes. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan ramuan mahkota dewa di antaranya ialah:

  1. Siapkan 3-5 tangkai tanaman mahkota dewa dan 3 lembar daun salam. Cuci hingga bersih.
  2. Masukkan ke dalam panci, tambahkan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga mendidih sampai hanya tersisa air sebanyak kurang-lebih setengah gelas.
  3. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari untuk mencegah komplikasi penyakit diabetes.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hubungan Makan Nasi Putih dan Penyakit Diabetes

Ramuan Brotowali

Meski memiliki rasa yang pahit, khasiat tanaman brotowali sangatlah manjur sebagai bahan jamu tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk membuat ramuan penyembuh diabetes, berikut ini tahapan sederhana yang dapat Anda lakukan:

  1. Siapkan tanaman brotowali sebesar 1 buah jari atau kira-kira sepanjang 10 cm.
  2. Tambahkan segenggam akar papaya.
  3. Masukkan keduanya dalam panci berisi air, kemudian rebus hingga mendidih.
  4. Biarkan hingga dingin lalu minumlah air rebusan brotowali tersebut.

Nah, B’timers, percaya kan kalau alam telah menyiapkan kita dengan berbagai bahan alami yang dapat Anda olah menjadi obat alternatif diabetes mujarab? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE