Rambut Rontok, Oh No! Yuk, Cegah Sekarang Juga | Breaktimea
Rambut Rontok, Oh No! Yuk, Cegah Sekarang Juga
04.12.2015

Memiliki rambut indah dan tebal merupakan impian banyak orang. Namun sayangnya, bagi beberapa orang hal itu sangat sulit akibat kerontokan rambut. Bukan hanya para wanita saja, bahkan pria pun akan merasa minder ketika mengalami hal tersebut. Sebenarnya apa sih, penyebab kerontokan rambut?

Yang perlu Anda ketahui lebih dulu adalah apa penyebab Anda mengalami rambut rontok. Terlalu stres, banyak mengonsumsi alkohol dan merokok, ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, infeksi kulit kepala, atau kesalahan penggunaan produk untuk rambut bisa menjadi alasan kerontokan lho, B’timers.

Untuk mengatasi masalah satu ini, lakukan hal-hal berikut:

1. Cek penyebab rambut rontok

Anda mungkin perlu menemui dokter jika memang Anda menderita beberapa penyakit seperti: anemia akut, kelainan hormon tiroid, diabetes, lupus, kelebihan atau kekurangan berat badan berlebih.

2. Jalani pengobatan untuk rambut rontok

Setelah mengetahui penyebab kerontokan, Anda bisa mengikuti anjuran dokter Anda untuk meminimalisir rambut rontok.

3. Ikuti terapi lain sesuai saran dokter

Jika diperbolehkan, Anda bisa melakukan penanaman rambut. Ini apabila Anda benar-benar mengalami kerontokan akut.

Perlu diketahui, ada lebih dari 100.000 helai rambut di kepala Anda. Dan normalnya setiap hari 50 – 100 helai rambut kita rontok secara alami. Pernahkan Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang tertinggal di sisir atau di bantal Anda? Nah, jika kerontokan sampai lebih dari 100 helai, itu yang patut Anda takutkan. Namun Anda dapat mencoba beberapa ramuan tradisional ini untuk menguatkan akar rambut:

4. Minyak rambut

Anda dapat menggunakan minyak kelapa, minyak almond, dan minyak zaitun. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary. Lakukan treatment tersebut paling tidak seminggu sekali.

5. Jus bawang

Bahan dari dapur ini juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Caranya, Anda tumbuk bawang sampai halus, tambahkan sari lidah buaya, dan balurkan di kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih, baru kemudian Anda bisa keramas seperti biasa. Lakukan 2-3 kali setiap minggu.

Rambut Rontok, Oh No! Yuk, Cegah Sekarang Juga | Breaktimea
Lidah buaya ampuh mengatasi kerontokan rambut

6. Lidah buaya

Memang tidak diragukan lagi khasiat tanaman ini untuk perawatan rambut. Aplikasikan jus lidah buaya di kepala Anda dan biarkan beberapa jam. Bersihkan rambut Anda menggunakan air hangat. Anda bisa mengulangi perawatan ini 3-4 kali seminggu.

7. Santan kelapa

Santan dipercaya kaya akan protein esensial yang dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan mengurangi kerontokan. Anda tinggal mengaplikasikannya di rambut dan hasil terbaik akan Anda dapatkan dengan perawatan rutin.

8. Alpukat

Buah ini memiliki kandungan lemak baik yang juga baik untuk rambut Anda. Caranya pun mudah, Anda bisa langsung mengoleskan alpukat yang telah dihaluskan ke kulit kepala. Dan Anda akan terkejut dengan hasilnya nanti.

9. Yogurt

Anda juga bisa menggunakan yogurt tanpa rasa untuk perawatan rambut rontok. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap minggu.

10. Baking soda

Untuk mengatasi rambut rontok yang sangat parah, Anda bisa coba mengganti sampo yang biasa Anda gunakan dengan campuran baking soda dan air. Selain bebas dari bahan kimia, Anda juga akan terbebas dari permasalahan rambut lain, seperti gatal-gatal dan ketombe.

Bagaimana, BTimers? Mudah kan, mengatasi permasalahan rambut rontok? Coba sekarang juga, yuk!

Share This Article