langkah tepat mendapatkan rambut sehat dan tak rontok | Breaktime
Rambut Rontok? No Way!
02.08.2015

Kerontokan adalah salah satu masalah rambut yang sering mengganggu dan meresahkan. Tak hanya menyebabkan kebotakan, rambut rontok juga bisa merusak penampilan dan menurunkan tingkat percaya diri.

Nah, agar terhindar dari kerontokan rambut, B’timers wajib tahu hal beberapa hal yang penting untuk rambut berikut ini:

Hindari merusak rambut

Kurangi penggunaan hair dryer
Kurangi penggunaan hair dryer

B’timers pasti sering ‘merusak’ rambut tanpa disadari, misalnya dengan menggunakan berbagai hairstyling tool atau mengecat rambut. Panas yang dihasilkan oleh hair dryer bisa melemahkan protein rambut. Jika dilakukan terus menerus, protein rambut akan rusak, alhasil rambut akan rapuh dan mudah rontok.

Selain itu, berbagai treatment kecantikan seperti meluruskan, mengeriting, dan mewarnai rambut juga bisa membahayakan ‘mahkota’ Anda. Kandungan bahan kimia yang terkandung dalam krim pewarna maupun perming dapat menyebabkan rambut kusam, kering, rapuh, dan pada akhirnya mudah rontok.

Lakukan perawatan

Pilih sampo sesuai jenis rambut
Pilih sampo sesuai jenis rambut

Anda tak perlu repot-repot ke salon untuk merawat rambut. Cukup keramas menggunakan sampo berprotein yang dilengkapi kondisioner untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Jangan lupa lakukan pijatan ringan pada kulit kepala saat keramas. Cara ini dapat membuat kulit kepala bersih dan sehat sehingga bisa mencegah infeksi penyebab rambut rontok. Anda bisa memilih sampo berbahan ringan seperti sulfosuccinates, sultaines, dan amphodiacetates.

Penuhi ‘makanan’ rambut

Susu dan jeruk penuhi kebutuhan nutrisi rambut
Susu dan jeruk penuhi kebutuhan nutrisi rambut

Rambut juga membutuhkan makanan alias nutrisi agar tetap sehat. Makanan apa saja yang dibutuhkan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang mengganggu pasokan nutrisi ke folikel rambut, akibatnya rambut akan rontok. Begitu pula dengan kekurangan protein yang dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh. Untuk memenuhinya pilih daging merah, ikan, dan ayam yang dilengkapi sayuran hijau.

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam proses penyerapan zat besi. Sedangkan biotin, vitamin B yang larut dalam air, dapat mencegah kerusakan protein yang menyebabkan rambut rontok. Kedua zat ini bisa Anda dapatkan dari biji-bijian dan buah-buahan, serta sayuran hijau.

Pilih treatment yang tepat

Temukan treatment yang sesuai
Temukan treatment yang sesuai

Agar kerontokan tak semakin parah, temukan treatment yang cocok untuk Anda, terlebih jika kerontokan terjadi tanpa sebab yang jelas. Cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter ahli. Dokter biasanya akan menganalisa masalah dan menyarankan treatment yang cocok untuk rambut Anda.

Untuk mencegah kerontokan, perlakukan juga rambut dengan penuh cinta, B’timers. Misalnya, selalu gunakan penutup kepala saat beraktivitas di luar ruangan dan hindari mengikat rambut terlalu kencang.

Share This Article