Putra Menteri Meninggal Akibat Serangan Jantung | Breaktime
Putra Sulung Menteri Susi Meninggal Akibat Serangan Jantung
18.01.2016

Berita duka datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Putra pertamanya, Panji Hilmansyah (31) mendadak dikabarkan meninggal dunia di Amerika Serikat. Fika Fawzia, selaku staf menteri Susi menuturkan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan KJRI di Houston untuk proses pemulangan jenazah.

Menurut informasi, Panji meninggal karena sakit jantung. Saat itu, ia meninggal dalam keadaan tidur. Penyakit jantung sendiri memang kerap susah diatasi bila serangannya mendadak. Namun, seringkali keadaan ini juga diperparah dengan pengabaian sejumlah gejala yang semestinya diperhatikan sejak awal, seperti:

Nyeri dada

Penyakit jantung banyak diawali dengan nyeri dada. Ketika arteri tersumbat, maka B’timers akan merasa adanya tekanan dan penyempitan pada dada. Charles Chambers, MD, direktur dari Cardiac Catheterization Laboratory di Penn State Hershey and Vascular Institute mengungkapkan nyeri ini biasanya terasa panas dan terasa makin sakit jika ditekan.

Mual

Beberapa orang yang mengalami serangan jantung umumnya juga diiringi dengan rasa mual dan muntah. Oleh karena itu, waspadalah bila gejala ini menyerang B’timers.

Putra Menteri Meninggal Akibat Serangan Jantung | Breaktime
Nyeri pada lengan bisa jadi pertanda serangan jantung

Nyeri pada lengan

Salah satu gejala klasik serangan jantung adalah ketika rasa sakit tersebut juga ikut menjalar pada bagian sisi kiri tubuh. Nyeri ini berawal pada bagian dada kemudian menjalar pada bagian lengan sehingga B’timers kesulitan untuk menggerakkannya.

Kepala terasa ringan

Rasa nyeri orang yang terkena serangan jantung juga kerap kali diiringi dengan kepala yang terasa  begitu ringan. Selanjutnya, badan Anda akan terasa tak stabil, bahkan untuk sekadar berdiri.

Sakit tenggorokan

Siapa sangka bila sakit tenggorokan ternyata bisa berhubungan dengan serangan jantung? Yap, rasa sakit tenggorokan yang terjadi setelah nyeri pada dada merupakan sinyal bahwa sebaiknya B’timers segera menelepon 112.

Mudah haus

Tubuh dehidrasi dan mudah haus setelah berolahraga memang wajar. Namun, tidak ketika rasa dehidrasi ini muncul saat tubuh B’tmers merasa lemas tanpa alasan. Kemungkinan besar ini adalah gejala serangan jantung yang patut diwaspadai, terlebih bila menyerang kaum Hawa.

Mendengkur keras

Kelelahan dan mendengkur saat tidur memang lazim dialami oleh banyak orang. Namun, dengkuran yang keras dan diiringi dengan suara seolah Anda tersedak bisa jadi jantung tengah bermasalah.

Batuk tak berhenti

Di banyak kasus kesehatan, batuk yang tak berhenti menandakan bahwa jantung B’timers tengah mengalami masalah. Terlebih bila batuk ini juga diiringi dengan lendir berwarna putih atau merah muda. Besar kemungkinan itu merupakan tanda bahwa Anda mengalami gagal jantung.

Nah, itulah sejumlah gejala penyakit serangan jantung yang patut B’timers waspadai agar pertolongan darurat bisa dilakukan dengan lebih baik. Selamat jalan Panji Hilmansyah, semoga semua amal baiknya diterima Tuhan Yang Maha Esa. (vsc)

Share This Article