Punya Maag Tapi Harus Puasa? Ini Cara Mengatasi! | Breaktime
Punya Maag Tapi Harus Puasa? Ini Cara Mengatasinya!
14.06.2016

Hayoo, Anda yang punya sakit maag, sering menjadikannya sebagai alasan untuk tidak menjalankan puasa, tidak, B’timers? Well, sakit maag merupakan peradangan pada dinding lambung. Penderita biasanya mengeluhkan perut terasa tidak nyaman, kembung, mual, nyeri. Bahkan tidak sedikit yang sampai muntah. Nah, berikut cara mengatasi maag saat berpuasa untuk Anda, B’timers!

Penyebab sakit maag saat bulan puasa

Bagi mereka yang memiliki riwayat sakit lambung, gejala yang dirasakan bisa berbeda-beda, lho. Namun, semuanya mengakibatkan ketidaknyamanan pada lambung. Dan sebenarnya, sakit maag di bulan puasa bisa menjadi semakin parah, B’timers. Langsung tidur setelah sahur, terlalu banyak makan ketika buka puasa, hingga mengonsumsi makanan dan minuman pemicu sakit maag, seperti kopi dan soda.

Punya Maag Tapi Harus Puasa? Ini Cara Mengatasi! | Breaktime
Buah pisang dapat meringankan rasa tidak nyaman saat sakit maag, lho

Cara atasi sakit maag saat berpuasa

Bagi umat muslim, tentu tidak ada alasan meninggalkan puasa di bulan Ramadan. Dan sekiranya tidak pula sakit maag membiarkan Anda meninggalkan kewajiban ini, B’timers. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari sakit maag ketika menjalankan puasa, disarankan untuk menghindari makan gorengan, juga perlu menjauhi menu makanan yang asam dan pedas.

Hindari juga minuman pemicu sakit maag. Mulai dari minuman yang terlalu manis, kopi, teh dan rokok serta obat-obatan dapat melukai dinding lambung, yang semakin memperparah kondisi maag Anda, B’timers. Awali berbuka dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Hal ini untuk membuat lambung terbiasa dengan makanan yang masuk setelah seharian kosong.

Anda juga harus memperbanyak makan karbohidrat saat sahur, buah-buahan dan kacang-kacangan saat setelah shalat tarawih. Jika perlu Anda juga bisa mengonsumsi obat maag untuk meringankan gejala maag Anda, B’timers. Dengan cara mengatasi maag saat berpuasa, Anda kini bisa menjalankan ibadah dengan baik tanpa gangguan, bukan, B’timers? (NO)

Share This Article