Punya Darah Rendah, Ini Tips Puasa Tetap Lancar! | Breaktime
Punya Darah Rendah, Ini Tips Puasa Tetap Lancar!
23.06.2017

Puasa sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk menjalankannya di bulan Ramadhan. Sayangnya tidak semua umat muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Seperti wanita yang setiap bulan mengalami menstruasi, orang yang sakit, dan orang yang sedang berada dalam perjalanan jauh atau musafir. Menstruasi dan musafir mungkin sudah banyak B’timers ketahui bagaimana aturan dalam berpuasa. Tapi bagaimana untuk orang yang sakit?

Sakit memang bukan kehendak setiap orang. Itu merupakan ujian dari Sang Maha Kuasa. Kali ini Breaktime akan membahas tentang bagaimana tips berpuasa untuk penderita darah rendah. Yup, ini mungkin jadi sakit yang umum dan banyak dialami oleh masyarakat.

Nah, Anda yang memiliki tekanan darah rendah tak perlu khawatir tidak bisa menjalankan puasa. Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini agar bisa tetap berpuasa.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Puasa & Bukti Kesuksesan Ramadhanmu!

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah check-up ke dokter. Jauh hari sebelum berpuasa, sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter. Cek tekanan darah, sehingga memudahkan Anda melakukan pertimbangan. Nantinya dokter juga akan menyarankan apakah Anda bisa berpuasa atau tidak.

Ketika mendapat persetujuan puasa oleh dokter, selanjutnya adalah memperhatikan diri sendiri. Berbukalah tepat waktu dan sahur juga tepat waktu. Anda yang memiliki tekanan darah rendah harus memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

Oleh karena itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Jelas untuk yang memiliki tekanan darah rendah, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Sebenarnya bukan hanya untuk seseorang yang menderita tekanan darah, tetapi semua orang juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi.

Punya Darah Rendah, Ini Tips Puasa Tetap Lancar! | Breaktime
Check-up ke dokter
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Lelah, Ini Triknya!

Saat sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang lebih lama diserap tubuh, seperti nasi, roti, buah, sayur, atau kacang-kacangan. Untuk penderita tekanan darah rendah sangat baik mengonsumsi kacang-kacangan, karena akan dicerna secara perlahan oleh tubuh. Anda bisa memasukkan jenis-jenis kacang seperti buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau dalam menu sahur ataupun berbuka puasa.

Air putih juga harus sesuai dengan batas minimal dikonsumsi. Setiap harinya, seseorang harus minum 8 gelas air putih untuk memacu sirkulasi cairan dalam tubuh. Air juga sangat penting untuk menormalisir tekanan darah dan mencegah dehidrasi.

Latihan fisik dan olahraga juga harus Anda lakukan, lho. Tak perlu melakukan olahraga berat yang menguras energi, cukup dengan jalan santai di pagi hari atau jogging ringan di sore hari menjelang buka puasa. Lakukan minimal 30 menit setiap hari. Hal ini bisa menstabilkan tekanan darah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Jerawat Ternyata Bisa Dengan Yoga!

Untuk penderita darah rendah juga hindari untuk melakukan gerakan yang tiba-tiba. Jika Anda melakukan gerakan tiba-tiba, pasti akan merasa pusing dan tubuh tidak seimbang. Hal ini dikarenakan aliran darah ke otak melambat.

Terakhir adalah istirahat yang cukup. Meskipun Anda sedang berpuasa, tidak salahnya untuk beristirahat. Toh, istirahat di bulan puasa juga termasuk dalam ibadah. Anda bisa tidur sejenak atau sekedar bersantai di rumah sambil browsing internet. Siapa tahu Anda menemukan hal-hal bermanfaat yang sedang dibutuhkan. Misalnya saja investasi untuk masa depan yang lebih baik. Investasi seperti apa yang bisa dilakukan? Cari tahu saja semuanya di sini . (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE