Puasa Lemas Terus? Perbaiki Stamina dengan Ini! | Breaktime
Puasa Lemas Terus? Perbaiki Stamina dengan Cara Ini
16.06.2016

Menjalani ibadah puasa memang gampang-gampang susah buat yang memiliki pekerjaan berat di kehidupan sehari-harinya. Apalagi, puasa tahun ini ditemani dengan cuaca yang tidak menentu, kan? Kadang hujan dan kadang panas yang membuat stamina jadi mudah turun dan akhirnya lemas. Nah, bagaimana agar badan tetap segar meski beraktivitas berat di tengah puasa? Simak, ya!

Kurangi berbuka dengan es

Well, berbuka diawali dengan minum es memang menyegarkan. Es apapun hampir tak pernah ketinggalan dalam menu berbuka. Tapi percayalah, minum es hanya akan membuat badan semakin lemas dan terus-terusan haus. Buktikan, 2 hari saja berbuka tanpa es dan rasakan bedanya.

Hindari sahur dengan menu bersantan

Santan mengandung lemak jenuh dan tak jenuh yang tinggi. Memang ada manfaatnya, namun tidak selama bulan puasa. Seperti minum es, santan membuat tenggorokan mudah haus dan badan jadi lemas.

Puasa Lemas Terus? Perbaiki Stamina dengan Ini! | Breaktime
Biasakan buka dan sahur makanan sehat (

Kurangi karbohidrat, tambah protein

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga memiliki potensi bikin mengantuk, lho. Karena itu, konsumsi karbohidrat secukupnya. Jangan kalap ya, meski sedang kelaparan. Ingin kenyang saat berbuka dan sahur? Perbanyak sayur, buah dan protein saja!

Perbanyak minum air selagi bisa

Air adalah sumber energi terbaik. Jangan biarkan tubuhmu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena itu, minumlah air sebanyak mungkin selagi sempat sebagai sarana menghidrasi tubuh Anda.

Puasa Lemas Terus? Perbaiki Stamina dengan Ini! | Breaktime
Hindarkan tubuh dari kekurangan cairan

Minum suplemen jika perlu

Alternatif lainnya namun tak harus selalu dilakukan ya, B’timers. Anda boleh mengonsumsi suplemen penambah stamina seperti vitamin C atau lainnya. Minumlah sesudah sahur untuk menambah stamina jika memang Anda benar-benar merasa kelelahan.

Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan sedikit olahraga ringan di pagi hari atau setelah shalat tarawih untuk membuang racun dan kotoran dalam tubuh. Semoga bermanfaat! (nap)

Share This Article