Puasa Bisa Menjadi Otak Lebih Cerdas dengan Tips ini | Breaktime
Puasa Bikin Otak Jadi Lelet atau Lebih Encer, Sih?
09.07.2015

Bila ada anggapan bahwa kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh volume otak, maka hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Kecerdasan seseorang ternyata bisa dilatih dengan sejumlah cara yang salah satunya adalah puasa.

Salah satu gaya puasa yang diklaim mendatangkan manfaat signifikan pada otak adalah Intermitten Fasting (IF) atau puasa berselang, yakni puasa selama kurang lebih 16 jam, kemudian sisa waktu 8 jam lainnya bisa dipergunakan untuk mengonsumsi makanan lain. Dari durasinya, bisa dibilang IF tak berbeda jauh dengan puasa Ramadan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mark P. Mattson dan Ruiqian Wan dari Laboratory of Neuroscience, Natinal Institute on Aging Intramual Research Program, Baltimore, mengungkapkan bahwa puasa berselang dapat meningkatkan kecerdasan serta mengurangi risiko jantung koroner.

Puasa ternyata bikin perfoma otak meningkat
Puasa ternyata bikin perfoma otak meningkat

Hal ini terjadi karena ketika berpuasa, produksi Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF), sebuah senyawa protein yang berperan penting pada neurogenesis (perkembangan neuron baru) dan pembentukan sinapsis (penghubung antarneuron) meningkat pesat dibandingkan ketika B’timers tidak berpuasa.

Menurut Michael Eades, MD , BDNF merupakan neuoprotective yang melawan stres dan racun yang pada otak. Sebagai bonusnya, manusia yang memiliki jumlah BDNF tinggi akan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Peristiwa unik yang terjadi ketika melakukan puasa adalah adanya mild stress pada otak yang kemudian mendorong produksi BDNF lebih bantak. Oleh sebab itu, sel otak akan menjadi lebih peka terhadap berbagai rangsangan dan karenanya otak akan lebih tanggap untuk mencerna segala sesuatu.
Oleh karena itu, pakar neuroscience, Mark, P. Mattson sangat menganjurkan seseorang untuk rutin berpuasa, misalnya sehari selama sepekan, terutama bagi yang tidak terbiasa melakukannya. Hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh secara umum.

Namun, bagi umat Muslim, bersyukurlah karena ada banyak hari istimewa yang disunahkan hingga diwajibkan berpuasa sehingga kondisi tubuh dan kecerdasan Anda juga bisa berkembang lebih baik.

Share This Article