Posisi Bayi Tidur Terlentang Cegah Kematian Mendadak | Breaktime
Posisi Bayi Tidur Terlentang Cegah Kematian Mendadak
05.05.2015

Apakah B’timers baru saja dikaruniai momongan lucu yang menjadikan suasana rumah jadi lebih hidup dan penuh warna? Tentu, sepanjang hari B’timers akan disibukkan dengan berbagai aktivitas perawatan bayi. Nah, begitu bayi pada akhirnya tertidur, Anda pun seolah menemukan “momen emas” untuk sedikit bernapas melepas lelah.

Anda merasa bahwa buah hati telah ada dalam kondisi aman dan pengawasanpun mulai diturunkan. Padahal, posisi tidur buah hati ternyata bisa mendatangkan ancaman yang serius, yakni sudden infant death syndrome (SIDS).

Menurut dr. Melisa Anggraeni, SpA, untuk mencegah SIDS, sebaiknya bayi ditidurkan secara telentang, bukan telungkup, terlebih bila usianya masih di bawah 3 hingga 4 bulan. Namun, ketika usia buah hati sudah cukup besar yang mana diikuti dengan pertumbuhan leher yang lebih kuat, bayi mulai bisa ditidurkan dalam posisi tengkurap lebih lama.

Posisi tidur telentang aman bagi bayi
Posisi tidur telentang aman bagi bayi

Kendati demikian, dokter yang praktik di RS Lippo Cikarang ini juga mengingatkan agar orang tua tidak membiarkan bayi tidur tengkurap terlalu lama sehingga mengubah posisi tidur bayi untuk telentang juga sangat dianjurkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr Marissa TS Pudjiadi SpA. Ketika tidur malam, pastikan bayi tidur dengan posisi telentang agar hidung bayi tidak tersumbat benda-benda tertentu yang akhirnya mengantar pada SIDS. 

Namun, untuk tidur siang, dr Marissa menyarankan agar bayi ditidurkan dalam keadaan tengkurap. Menurutnya, posisi ini lebih ramah dengan paru-paru bayi. Selain itu, posisi ini juga akan melatih otot-otot leher dan punggung bayi untuk mengangkat kepala. Menurut dr. Marissa hal ini sangat lazim dilakukan buah hati lantaran ia tertarik untuk melihat suasana yang ada di sekelilingnya.

Jadi, untuk menidurkan bayi dalam posisi telentang atau tengkurap, pastikan dulu usia buah hati Anda dan perhatikan momen yang pas untuk melakukannya. Selain itu, tetaplah selalu mengecek kondisi bayi, meskipun ia sedang terlelap. Pastikan buah hati B’timers berada dalam posisi yang aman dan nyaman.

Share This Article