Pose Yoga Bisa Atasi Menopause Blues, Benarkah? | Breaktime
Pose Yoga Bisa Atasi Menopause Blues, Benarkah?
05.02.2017

Untuk kaum wanita, apakah musuh yang paling mengerikan, B’timers? Di saat masa-masa menopause, adalah waktu yang ditakuti oleh semua wanita di dunia ini. Menopause terbukti bisa membuat hormon berantakan, jadwal tidur berubah, menumpuknya lemak di bagian perut, membuat kita semakin mudah tersulut amarah. Dan yang paling penting adalah keinginan dan hasrat untuk bercinta pun ikut menurun.

Eits, tapi jangan takut dulu, B’timers. karena menurut penelitian, dengan melakukan latihan yoga, kita dapat mengurangi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh datangnya masa menopause, lho. Yoga bisa membantu meningkatkan libido, mood dan mengontrol keinginan. Setidaknya lakukan latihan fisik ini selama sekitar 20 menit. Inilah gerakan yoga yang bisa bantu atasi ketidaknyamanan menopause blues!

Pose Yoga Bisa Atasi Menopause Blues, Benarkah? | Breaktime
Yoga bisa bantu atasi ketidaknyamanan menopause

Pertama cobalah untuk menemukan fokus Anda sebelum memulai latihan yoga, B’timers. Duduk dengan posisi bersila di atas tikar. Lakukan posisi ini dengan kedua mata Anda terpejam. Setelah itu ambil napas dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Lakukan sebanyak tiga kali. Dengan latihan yoga ini, akan membantu Anda mendapatkan ketenangan dan fokus yang lebih baik.

Standing forward bend. Berdiri di atas matras dengan kedua kaki selebar pinggul. Rentangkanlah lengan kanan ke atas, sambil meregangkan sisi kanan dalam 1 hitungan. Kemudian ulangi pada sisi kiri. Setelah itu majukan badan Anda dan bawa dada ke arah lutut. Tekuklah lutut Anda sedikit. Tahan siku dengan tangan yang berlawanan. Gelengkan kepala dengan lembut dan tahan posisi ini selama 45 detik. Kembali ke posisi semula secara perlahan.

Chair pose with shoulder press. Posisikan kaki bersamaan dan rentangkan kedua tangan ke atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Dorong pinggul seolah Anda sedang duduk di kursi. Lalu perlahan tekuk siku pada sudut kanan dan turunkan lengan atas setinggi bahu, kemudian putar telapak tangan ke depan. Luruskan lengan. Angkat lengan bawah lima kali, bawa tangan ke bahu dan berdiri.

Warrior 2 with mini-lift. Dari posisi berdiri, langkahkan kaki kiri ke belakang sekitar 3 – 4 kaki dan tekuk lutut kanan. Ulurkan lengan setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Angkat tangan 4 – 5 inchi. tahan selama 10 detik, lalu turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Pose Yoga Bisa Atasi Menopause Blues, Benarkah? | Breaktime
Lakukan di tempat terbuka untuk tingkatkan mood

Side-angle pose with lateral row. Dari posisi sebelumnya, bawa siku kanan ke lutut kanan. Hingga Anda menggapaikan tangan kiri pada dada menghadap lantai. Perlahan tekuk siku kiri ke arah dada dan putar tubuh Anda ke samping. Tahan selama 10 detik. Rendahkan posisi Anda dan ulangi selama 5 kali. Bawa tangan ke bahu dan menglangkahkan kaki maju sampai kaki kiri bertemu kaki kanan. Ulangi posisi pada poin sebelumnya.

Hero pose with arm raise. Berlutut dengan pantat bertumpu pada tumit, tangan di atas paha, telapak tangan menghadap ke bawah. Perlahan angkat pinggul sampai tubuh Anda dalam posisi garis lurus dari lutut ke kepala. Dan pada saat yang sama, angkatlah tangan Anda ke arah langit-langit dengan lengan lurus. Perlahan bawa tubuh ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

Seated wide-angle pose. Duduk di tikar dan rentangkan kaki hingga lebar. Tangan kiri di belakang pinggul kiri. Rentangkan lengan kanan atas ke kiri. Kembaali ke posisi hingga tubuh tegak. Kemudian bungkukkan hingga siku kanan setinggi bahu. Lakukan 5 kali. Ulangi pada sisi yang berlawanan.

Dengan gerakan yoga, Anda bisa mengatasi menopause blues, kan, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE