Pilih Tidur Pakai Bantal atau Tidak? Baca Disini | Breaktime
Pilih Tidur Pakai Bantal atau Tidak? Putuskan Setelah Membaca Ini
20.11.2015

Banyak orang merasa tidak nyaman karena tidur menggunakan bantal dan hal ini sekarang menjadi sebuah pertanyaan hangat yang mengusik keingintahuan semua orang. Manakah yang terbaik, tidur menggunakan bantal atau tidak?

Pilih Tidur Pakai Bantal atau Tidak? Baca Disini | Breaktime
Pilihlah bantal terbaik untuk posisi tidur yang berbeda

Sejarah singkat tentang bantal

Bantal sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, dari awalnya menggunakan bongkahan batu sampai sekarang bentuk yang paling modern seperti sekarang ini. Pada masa Mesir awal, penggunaan bantal ini dimaksudkan untuk menghindarkan telinga, mulut, dan hidung dari berbagai gangguan atau serangan hewan.

Sedangkan pada zaman Cina Kuno, orang-orang menggunakan bantal dari bahan keramik, batu, dan juga kayu. Para geisha pada masa lampau menggunakan bantal dari batu untuk membuat rambutnya tetap rapi dan cantik. Di zaman Yunani dan Romawi Kuno, orang-orang menggunakan bantal yang terbuat dari jerami, alang-alang, dan juga bulu. Namun, pada pertengahan abad pada zaman Raja Henry VIII, penggunaan bantal dilarang karena merupakan simbol kelemahan para pria.

Pro dan kontra penggunaan bantal

Banyak orang merasa tidak nyaman dengan menggunakan bantal, namun begitu para pengguna bantal jumlahnya malah lebih banyak. Berdasarkan pada poling yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, sebanyak 64 % responden menggunakan satu sampai dua buah bantal, dan 27 % lainnya mengaku memakai 3 bahkan lebih.

Melihat fakta tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini bantal masih menjadi barang yang wajib untuk dimiliki. Untuk menyiasati ketidaknyamanan akibat penggunaan bantal, Rubin Naiman, Ph. D., seorang pakar tidur dari Arizona Center for Integrative Medicine menyarankan tips memilih bantal yang baik. Rubin Naiman sendiri juga menyadari penggunaan bantal menimbulkan ketidaknyaman dan beberapa gangguan. Berikut ini beberapa tips untuk memilih bantal yang tepat:

  • Jika Anda tidur secara telentang lebih baik untuk menggunakan bantal yang lebih tipis agar tidak menimbulkan sakit punggung.
  • Jika tidur dalam posisi miring, lebih baik untuk memilih bantal yang tebal agar leher tidak kaku.
  • Namun, jika Anda tidur secara tengkurap gunakanlah bantal yang tipis, bisa ditempatkan di perut agar tidak terjadi nyeri.
  • Pilihlah bantal yang bisa menyerap panas secara sempurna agar tidur bisa dapatkan kualitas tidur yang istimewa.

Intinya, baik Anda tidur menggunakan bantal ataupun tidak pilihah yang terbaik agar bisa menunjang kesehatan. (ya)

Share This Article