Pilih Insomnia atau Matikan Smartphone Anda? | Breaktime
Pilih Insomnia atau Matikan Smartphone Anda?
29.04.2015
"The best cure for insomnia is to get a lot of sleep"

-W. C. Fields-

Pernahkah B’timers merasa susah sekali untuk memejamkan mata, walaupun sudah mencobanya berulang kali? Tentu harus diketahui dahulu sebabnya. Bisa jadi hal ini terjadi karena B’timers terlalu lama tidur di siang hari, efek menenggak minuman ber-caffeine terlalu banyak atau juga gara-gara bermain-main dengan smartphone sebelum tidur.

Bermain-main dengan smartphone sebelum tidur akibatkan orang susah tidur bahkan insomnia, benarkah begitu? Yup, benar sekali B’timers! Menurut penelitian dari pakar kesehatan Boston's Brigham and Women’s Hospital, selain gangguan suara seperti notifikasi e-mail, aplikasi chat, pesan teks atau juga dering telepon, paparan cahaya yang dikeluarkan oleh layar sebuah smartphone dapat mengganggu sistem metabolisme seseorang.

Dalam keadaan normal, tubuh yang kelelahan akan memproduksi hormon melatonin yang memunculkan rasa mengantuk. Namun, ketika sebelum tidur Anda bersentuhan dulu dengan smartphone, paparan cahaya biru sepanjang 400 hingga 480 nanometer yang dikeluarkan oleh gadget justru dapat memperlambat produksi melatonin. 

Matikan smartphone sebelum tidur yuk!
Matikan smartphone sebelum tidur yuk!

Tak cuma itu, penyebab mengapa gadget bisa membuat Anda mengalami masalah susah tidur adalah karena perangkat ini juga bisa membantu pelepasan hormon adrenalin yang berhubungan dengan emosi. Maka tak heran bila rasa excited inilah yang akhirnya membuat B’timers semakin susah untuk beristirahat.

Kalau sudah begini, mata akan terasa lebih susah untuk dipejamkan. Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan yang menyarankan bahwa untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, B’timers harus mematikan seluruh penerangan sebelum merebahkan diri atau paling tidak menggunakan lampu dengan penerangan redup. 

Nah, dengan begitu mata tak akan lagi mengalami efek distraction sehingga B’timers pun akan lebih mudah untuk memejamkan mata. Mulai sekarang, belajarlah untuk mematikan ataupun menjauhkan gadget sebelum B’timers beranjak tidur demi meningkatkan kualitas istirahat dan kesehatan, ya! Try and see the benefit.

Share This Article