Macam Penyakit yang Mewajibkan Anda Tak Boleh Puasa | Breaktime
Pikir Ulang untuk Berpuasa Jika Anda Menderita Penyakit-Penayakit Ini
05.07.2015

Tak ada yang ragu bahwa puasa Ramadan wajib bagi semua umat Muslim yang sudah baligh. Namun, adanya sejumlah penyakit pada tubuh kerap menjadi dilema tersendiri untuk dapat melakukan ibadah puasa dengan lancar. Benar sekali B’timers, ada beberapa penyakit yang justru makin memburuk kalau Anda memaksakan untuk berpuasa, antara lain:

Kanker

Pasien yang memiliki penyakit kanker dan sangat membutuhkan pengobatan seperti kemoterapi, sinar, dan lain-lainnya ini dianjurkan untuk tidak berpuasa karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi cukup dan bila tidak, malah semakin memperparah penyakitnya.

Diabetes

Pada kasus tertentu seperti diabetes tipe 1 yang sangat ketergantungan insulin, penderitanya juga dianjurkan untuk tidak berpuasa karena dikhawatirkan akan memperparah kondisi tubuh.

Liver kronis

Sama halnya dengan pasien berpenyakit kanker dan diabetes, penderita penyakit liver kronis juga membutuhkan pengobatan intensif dan asupan makanan rutin untuk mempercepat proses kesembuhan.

Gagal ginjal

Pasien gagal ginjal boleh tak berpuasa
Pasien gagal ginjal boleh tak berpuasa

Umumnya pasien gagal ginjal perlu untuk melakukan hemodialisis atau cuci darah yang akan mengakibatkan tubuh penderita menjadi terkulai lemah dan justru berbahaya bila berpuasa.

Vertigo

Gangguan kesehatan berupa kepala pusing dan seolah benda-benda di sekitarnya selalu bergerak bernama vertigo ini juga dianjurkan untuk tidak berpuasa, terlebih bagi mereka yang ketergantungan obat dan berefek fatal bila tidak mengonsumsinya sesuai jadwal.

Pernapasan akut

Pasien yang mengalami gangguan pernapasan seperti asma akut atau penyakit paru obstruksi kronis yang berat juga dianjurkan untuk tak berpuasa demi mendapatkan penyembuhan medis secara intensif.

Maag kronis

Bagi B’timers yang memiliki penyakit maag organik kronis, juga dianjurkan untuk tidak berpuasa bila keadaan tersebut semakin memperparah penyakit. Kasus ini berbeda dengan penderita penyakit maag fungsional yang cenderung mendapatkan manfaat positif bila berpuasa.

Kendati demikian, bila suatu saat B’timers bisa kembali sehat, Anda tetap diwajibkan untuk mengganti puasa tersebut di hari-hari lain. Namun, bila tak mampu melakukannya, Anda cukup membayar fidyah yakni memberi makan fakir miskin dengan ketentuannya.

Share This Article