Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Perilaku Salah yang Justru Bikin Jerawat Semakin Parah
09.12.2015

Melakukan perawatan kulit, terutama pada bagian muka, tidak hanya hak nomopoli kaum Hawa saja karena para pria pun juga berhak untuk melakukannya. Akan tetapi, jika B’timers memiliki wajah dengan karakter berminyak dan kemudian salah dalam perawatan kulit wajah, maka bukan terlihat menawan, justru akan semakin kusam dan munculnya jerawat.

Tentu saja, ketika jerawat sudah mulai bercokol di beberapa atau banyak tempat pada wajah, maka semakin dapat membuat penampilan tidak dapat maksimal, rasa percaya diri Anda juga akan luntur, bukan?

Sayangnya, tidak sedikit orang yang ternyata hingga saat ini salah dalam hal perawatan wajah yang mulai ‘ditumbuhi’ banyak jerawat di sana-sini. Agar melakukan kesalahan, ada baiknya B’timers mengetahui hal-hal apa saja yang selama ini dianggap tepat ternyata tidak benar dan justru membuat jerawat semakin banyak.

Salah memilih produk perawatan

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Produk perawatan wajah yang salah dapat memperparah jerawat

Ketika jerawat sudah mulai muncul, terkadang ada yang langsung membeli produk perawatan wajah atau pembasmi jerawat. Sayangnya, tidak jarang yang hanya sekadar membeli saja tanpa mengetahui kandungan dari produk yang bersangkutan. Dengan menggunakan produk yang salah, tentu saja selain membuat jerawat tidak hilang-hilang, kulit wajah juga menjadi kusam.

Oleh karenanya, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis dan karakter kulit wajah berbeda-beda. Perhatikan dan baca dengan seksama setiap kandungan yang tertulis pada produk.

Tidak hanya itu, Anda juga harus selektif dalam memilih produk untuk wajah, seperti contohnya kulit berminyak lebih baik menggunakan pelembab yang bertuliskan “oil-free” dengan tekstur lembut (lotion atau gel) dan bukan yang berbentuk krim. Sedangkan untuk kulit kering dan berjerawat, hindari penggunaan produk berbentuk lotion, toner atau yang mengandung alkohol.

Terlalu sering mencuci muka

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Cuci muka dengan sembarangan justru dapat membuat kulit wajah rusak

Agar wajah selalu terlihat bersih, apalagi setelah beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, membersihkan wajah adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Akan tetapi menjadi suatu hal yang justru membuat jerawat pada wajah membandel jika Anda terlalu sering mencuci wajah.

Upayakan untuk maksimal mencuci muda dengan produk berbentuk facial foam secara maksimal 3 kali sehari. Setelah itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab agar menjaga kelembapan kulit wajah, khususnya bagi yang memiliki kulit wajah kering.

Terlalu sering melakukan scrubbing

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Scrubbing juga tidak dianjurkan untuk dilakukan secara sering

Scrubbing atau membersihkan kulit memang tidak masalah untuk dilakukan dalam satu bulan sekali. Akan tetapi jika melakukannya terlalu sering, maka dapat memperburuk dan merusak pelindung utama kulit, menimbulkan iritasi dan memperparah jerawat. Oleh karenanya, cucilah wajah dengan benar dan teratur serta menggunakan produk yang memiliki pH seimbang dengan kulit wajah Anda.

Berganti-ganti produk perawatan

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Dengan berganti-ganti produk perawatan wajah, maka kulit akan terpapar banyak bahan kimia dan mengakibatkan rusak

Untuk menghilangkan jerawat tentunya dibutuhkan kesabaran, karena membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk itu dianjurkan untuk tidak berganti-ganti produk perawatan secara sembarangan ketika dalam beberapa saat saja merasa bahwa produk yang digunakan tidak dapat menghilangkan jerawat.

Dengan berganti-ganti produk, maka selain jerawat juga tidak akan hilang, bagi yang memiliki kulit sensitif, maka dapat membuat masalah baru pada wajahnya.

Menggunakan sabun mandi untuk wajah

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Sabun wajah memiliki kadara pH yang lebih tinggi dibandingkan kulit wajah

Wajah merupakan salah satu bagian dari kulit manusia yang memiliki sensitivitas tinggi. Oleh karenanya jangan sembarangan menggunakan berbagai macam produk ke kulit wajah yang salah satunya adalah dengan menggunakan sabun mandi untuk badan.

Dengan menggunakan sabun mandi untuk badan pada muka, maka kulit wajah akan menjadi mongering karena pH sabun terlalu tinggi. Hal ini justru dapat membuat jerawat semakin parah. Oleh karenanya, gunakan facial foam yang sesuai dengan karakter kulit Anda.

Memencet jerawat

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Gemas bukan berarti harus melakukan pemencetan jerawat juga, bukan?

Terkadang menjadi gemas jika mendapati ada jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah. Ternyata, B‘timers, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena selain dapat meninggalkan noda dan jaringan rusak, jika tangan Anda tidak higienis, maka ketika memencet jerawat, bakteri yang ada di jari-jari tangan akan cepat masuk ke dalam kulit dan jerawat pun semakin bertambah banyak.

Untuk mengatasi jerawat yang meradang, Anda dapat mengoleskan es batu atau obat jerawat khusus secara teratur dan jangan lupa untuk membersihkan wajah secara benar dan teratur. Jika jerawat semakin parah, ada baiknya Anda untuk pergi mengunjungi dokter kulit.

Menggunakan obat jerawat secara berlebihan

Perilaku Salah ini Justru Bikin Jerawat Parah | Breaktime
Apapun yang berlebihan, tentunya tidak baik dari sisi manapun

Setelah mengunjungi dokter kulit, maka Anda tentunya akan diberikan obat untuk mengatasi masalah pada wajah tersebut. Jika B’timers menggunakannya secara tepat, maka jerawat akan perlahan hilang dan wajah kembali cemerlang, akan tetapi bila Anda memakainya secara berlebihan maka yang dihasilkan adalah sebaliknya.

Pastinya semua orang ingin wajahnya bersih dan cemerlang, bukan? Oleh karenanya, kebersihan dari hal terkecil juga menentukan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk pada bagian wajah. (das)

Share This Article