Perhatikan Penyebab Bercak merah di Kulit Bayi! | Breaktime
Perhatikan Penyebab Bercak merah di Kulit Bayi!
13.11.2016

Cemas ketika mengetahui di kulit bayi Anda timbul bercak merah, B’timers? Well, sebenarnya ruam atau bintik merah pada kulit bayi adalah hal umum yang biasa terjadi, kok. Hal tersebut menandakan, bahwa kulit bayu yang sensitif tengah beradaptasi dengan keadaan lingkungan sekitar. Pada kebanyakan kasus, ruam maupun bintik merah tidak ebrbahaya dan akan sembuh seiring dengan waktu. Namun perhatikan beberapa jenis bercak merah di kulit bayi berikut ini, ya, B’timers!

Perhatikan Penyebab Bercak merah di Kulit Bayi! | Breaktime
Gatal pada kulit bayi bisa membuatnya tidak nyaman

Eksim

Jenis bercak merah pada kulit bayi yang paling sering terjadi adalah eksim. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit kering, merah, pecah-pecah dan gatal. Penyebabnya biasanya karena kulit sensitif atau alergi. Anda bisa menandai kemunculannya di lipatan kulit. Atasi hal ini dengan menjaga kebersihan kulit bayi.

Penyakit tangan, kaki dan mulut

Untuk kondisi satu ini ditandai dengan demam, hilangnya nafsu makan karena sakit tenggorokan, nyeri di mulut dan timbulnya ruam yang tidak gatal, B’timers. Selain munculnya ruam atau bintik merah pada tangan dan kaki, area pantat adalah daerah yang juga biasa diserang.

Biduran

Sebagai reaksi alergi terhadap makanan tertentu atau sengatan tanaman maupun hewan, biduran dapat menyapa kulit bayi. Ruam berwarna merah satu ini tidak menular dan biasanya akan menghilang setelah beberapa hari, kok. Namun jika disertai kondisi lain, seperti sesak napas, segera kunjungi dokter.

Impetigo

Bakteri juga dapat menyebabkan timbulnya infeksi di kulit bayi, lho, B’timers. Awalnya kondisi impetigo ditandai dengan munculnya ruam dan lepuh yang pecah. Kerak tebal berwarna kuning akan terbentuk, yang akan menjadi luka lecet. Penyakit ini bisa menular dengan kontak fisik maupun barang.

Baca juga : WAJIB TAHU! MANFAAT AIR PUTIH UNTUK TUBUH

Milia

Ada cukup banyak bayi yang terlahir dengan kondisi ini, B’timers. Bintik putih di hidung, dagu, kelopak mata atau pipi muncul. Biasanya milia disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh keratin. Dan tak perlu cemas, karena melia akan hilang sengan sendirinya setelah beberapa minggu.

Perhatikan Penyebab Bercak merah di Kulit Bayi! | Breaktime
Rutinlah mengganti popok bayi, B’timers

Ruam popok

Kulit bayi yang terlalu lama terkena air kencing atau feses akan menimbulkan bercak merak di kulit bayi, lho, B’timers. Namun ruap popok dapat dengan mudah diatasi, yaitu secara rutin mengganti popok dan mengoleskan krim maupun salep sebelum memakaikan popok pada bayi.

Biang keringat

Saat cuaca terlalu panas dan lembab, pada kulit bayi akan timbul bintik atau pembengkakan ringan. Rasa gatal dari biang keringat menimbulkan ketidaknyamanan bayi, lho, B’timers. Untuk itu sangat disarankan Anda memindahkan bayi ke ruangan yang sejuk atau memandikan bayi dengan air dingin.

Kurap

Infeksi karena jamur juga bisa menyerang bayi. Perubahan warna kulit yang memerah, dengan bentuk yang seperti cincin dan rasa gatal, biasanya kurap muncul di kepala, kaki atau pangkal paha. Penularan karena kontak fisik sangat mungkin terjadi. Untuk itu segera oleskan salep pada kulit penderita.

Sebenarnya bercak merah di kulit bayi tak berbahaya. Namun karena dapat mempengaruhi kenyamanan bayi, sebaiknya jangan diabaikan, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE