Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati! | Breaktime
Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati!
10.04.2017

Ouch! Apakah sakit kepala yang mengganggu aktivitas Anda sering datang, B’timers? Well, tidak sedikit orang yang mengaku mengalami sakit kepala hampir setiap hari, lho. Dan tidak hanya sakit kepala yang ringan saja. Nyeri dari sakit kepala yang mereka rasakan ini sangat menyakitkan. Bahkan mereka tak bisa bangun dari tempat tidur. Wah, apakah sakit kepala kronis yang datang hampir setiap hari ini berarti ada masalah di dalam kesehatan kita, B’timers?

Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati! | Breaktime
Terkadang sakit kepala adalah tanda dari masalah kesehatan

Well, apakah mungkin penyebab sakit kepala kronis yang datang merupakan salah satu tanda awal dari penyakit serius di dalam tubuh seseorang? Tidak jarang penyebab dari sakit kepala adalah adanya stroke yang berisiko menyerang. Dari beberapa kasus, penderita sakit kepala mengabaikan rasa nyeri yang dia rasakan karena mengira akan hilang setelah beberapa saat. Padahal terkadang sakit kepala bisa menjadi sebuah peringatan awal masalah kesehatan.

Baca juga: SIMAK APA SAJA PENYEBAB SAKIT KEPALA BELAKANG

Menurut para ahli kesehatan, sakit kepala sangat mungkin merupakan tanda awal dari adanya masalah kesehatan kronis. Tak jarang stroke, infeksi jantung hingga tekanan darah tinggi berawal dari sakit pada kepala Anda, lho, B’timers.

Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati! | Breaktime
Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala

Dan mungkin terdengar sangat mengejutkan, bahwa tak hanya pasien berusia lanjut saja yang memiliki risiko sakit kepala dengan masalah kesehatan berat lainnya. Terbukti tingkat risiko stroke pada wanita hamil maupun ibu yang baru melahirkan meningkat hingga sebesar 54 % selama 12 tahun terakhir ini, B’timers. Sebagian besar penyebab sakit kepala kronis yang dirasakan adalah tekanan darah tinggi.

Baca juga: RAMUAN RUMAHAN UNTUK ATASI SAKIT KEPALA SEBELAH!

Lalu bagaimanakah cara mengobati sakit kepala kronis yang dianjurkan, B’timers? Well, sebelum Anda memutuskan untuk mengonsumsi salah satu obat di pasaran demi mengatasi sakit kepala, ada baiknya jika Anda menemui dokter jika mengalami beberapa tanda di bawah ini:

  • Demam, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Perasaan bingung, pandangan kabur, perubahan mood dan suasana hati, mati rasa atau hilang kekuatan pada salah satu sisi tubuh hingga nyeri wajah yang kronis
  • Sakit kepala yang tiba-tiba datang
  • Leher kaku, demam dan muncul ruam
  • Tekanan darah meningkat
Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati! | Breaktime
Hati-hati! Sakit kepala kronis bisa jadi tanda penyakit serius!

Ya, meskipun sebagian besar serangan sakit kepala tak berarti serius dan akan hilang dengan sendirinya, namun sangat penting bagi Anda untuk mengenali kapan sakit kepala kemungkinan menjadi danda dari adanya masalah kesehatan yang besar, B’timers.

Stephen D. Silberstein, seorang dokter dari Jefferson Headache Center di Thomas Jefferson University di Philadelphia mengungkapkan, apabila Anda merasakan sakit kepala yang benar-benar hebat dan tingkat nyerinya berbeda dari yang biasanya Anda rasakan, ada baiknya segera temui dokter untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang Anda rasakan, B’timers.

Baca juga: LEBIH WASPADA! INI PENYEBAB SAKIT KEPALA SEBELAH

Cara mengobati sakit kepala ringan sebenarnya tak membutuhkan obat, lho. Anda dapat menggunakan beberapa cara sederhana. Salah satunya seperti dengan meletakkan kompres dingin pada pelipis untuk mengurangi rasa nyeri yang datang. Cara lainnya adalah dengan mencari ruangan gelap yang tenang di dalam rumah untuk tidur selama beberapa jam. Tidur terbukti bisa membantu mengurangi nyeri kepala.

Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mengobati! | Breaktime
Tak hanya orang tua saja yang berisiko sakit kepala kronis, lho!

Selain itu jangan mengabaikan pentingnya mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan, lho, B’timers. Hal ini karena penyebab datangnya sakit kepala biasanya karena tubuh mengalami kekurangan cairan, lho. Setidaknya minumlah sekitar 1,2 hingga  1,7 liter air dalam sehari. Dan sesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya, ya?

Yang terakhir dari cara mengobati sakit kepala ringan adalah dengan cara mengurangi penggunaan dari gadget, seperti iPads, tablet, laptop ataupun smartphone. Lakukan trik ini setidaknya selama 30 menit. Karena menurut penelitian, penggunaan gadget yang terlalu sering, dapat menjadi salah satu sebab dari sakit kepala, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE