Penyebab Penyakit Hepatitis, dari Sikat Gigi? | Breaktime
Penyebab Penyakit Hepatitis, dari Sikat Gigi?
21.08.2017

B’timers, senantiasalah waspada terhadap penyebaran penyakit hepatitis ya? Pasalnya, penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Bukan cuma orang dewasa, bayi dan anak-anak pun berisiko untuk tertular penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis ini. Penyakit hepatitis sendiri dianggap sebagai salah satu penyakit ganas sebab Ia menyerang organ bagian hati secara brutal. Organ hati yang tadinya baik-baik saja, setelah terinfeksi virus ini akan langsung mengalami peradangan hingga pembengkakan serius. Jika sudah seperti ini, maka fungsi organ hati akan terganggu sehingga Ia akan memproduksi enzim secara berlebihan. Dan kegagalan fungsi hati lainnya yang akan timbul adalah hilangnya kemampuan hati dalam menetralisir sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Penyebab Penyakit Hepatitis, dari Sikat Gigi? | Breaktime
Penyakit hepatitis adalah penyakit ganas yang menyerang bagian organ hati

Penyebab penyakit hepatitis akan dibagi sesuai dengan jenis hepatitis yang dialami. For your information, penyakit hepatitis dibagi hingga ke dalam lima buah kategori— yakni hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Mari kita kupas satu persatu biang keladi rangkaian penyakit hepatitis di atas. Pada penyakit hepatitis A, yang menjadi penyebabnya adalah virus HAV. Virus HAV berkembang biak dan dapat ditularkan lewat kontaminasi minuman dan makanan yang telah terjangkit virus tersebut. Maka dari itu, selalu jaga level kehigienisan alat makan dan bahan makanan yang Anda pakai agar Anda dan keluarga terselamatkan dari virus mematikan ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hati-Hati Gejala Hepatitis, Periksa Sejak Dini

Beralih ke hepatitis B, penyebabnya cukup mengundang polemik di benak masyarakat. Mayoritas mengetahui bahwa penularan virus HBV dapat terjadi lewat kontaminasi jarum suntik dan hubungan seksual. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa penularan dapat terjadi secara sederhana lewat pemakaian sikat gigi yang bergantian! Waduh, kok serem ya? Apa memang betul? Well, hal tersebut bisa jadi memang benar adanya. Namun perlu dicatat bahwa hal tersebut mungkin terjadi apabila di dalam mulut dan gusi terdapat luka. Luka ini kalau sampai tersentuh sikat gigi yang telah terkontaminasi virus HBV, maka tentu saja akan menjadi sarana penularan virus HBV tanpa terkecuali. So, hati-hati B’timers! 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penyebab Sakit Demam Naik-Turun

Sedangkan pada penyebab penyakit hepatitis C dan D, masing-masing dikarenakan virus HCV dan virus deltas. Pola penularan keduanya pun relatif sama dengan pola penularan ala penyakit hepatitis B, yaitu akibat kontaminasi jarum suntik dan hubungan seksual. Hanya pada jenis hepatitis D, Ia merupakan jenis penyakit hepatitis yang paling langka sekaligus yang paling mematikan. 

Penyebab Penyakit Hepatitis, dari Sikat Gigi? | Breaktime
Kontaminasi jarum suntik adalah penyebab penyakit hepatitis yang paling marak terjadi

Terakhir adalah penyakit hepatitis E yang ternyata penularannya dapat terjadi melalui kontaminasi kotoran manusia. Tak heran jika penyakit hepatitis jenis ini kerap menyerang para penduduk di daerah kumuh nan bersanitasi buruk. Terlebih lagi, hepatitis E cara penyebarannya bisa juga mirip dengan hepatitis A. Yap, Ia dapat menular lewat kontaminasi makanan dan minuman. Mengetahui fakta mengerikan ini, maka janganlah malas untuk selalu mencuci bahan makanan yang hendak dimasak sampai benar-benar bersih B’timers. Dan kalaupun Anda benar-benar terpaksa harus membeli makanan di luar, pilihlah tempat penjual makanan yang terpercaya dari segi kebersihannya.    

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hindari Hal Ini & Buat Rumah Ramah Bayi

Oh iya, B’timers, penyebab penyakit hepatitis sejatinya tak hanya bersumber dari penularan virus saja lho. Ada pula beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu datangnya penyakit hepatitis. Sebut saja kebiasaan minum-minuman beralkohol, merokok, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan instan dan gorengan. Jadi, kalau Anda ingin hidup tanpa kekangan penyakit hepatitis, pastikan Anda menjalani gaya hidup yang sehat nan bersih, B’timers. (kps) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE