Penyebab Obesitas Pada Anak dan Solusinya | Breaktime
Penyebab Obesitas Pada Anak dan Solusinya
09.11.2016

Anak-anak memang sangat lucu dan menggemaskan. Namun, tidak demikian dengan anak yang memiliki berat badan yang berlebihan atau terkena obesitas. Obesitas ini sendiri sudah termasuk jenis penyakit yang tidak baik jika terus dibiarkan. Ukuran tubuh yang tidak normal akan sangat mengganggu dan juga bisa berbahaya untuk kesehatan sang anak. Obesitas pada anak ini sangat tidak bisa didiamkan atau dibiarkan begitu saja.

Kadang banyak orang tua yang meremehkan hal ini lantaran mereka yakin jika usia sang anak bertambah maka obesitas akan hilang dengan sendirinya. Hal ini merupakan pemikiran yang salah. Jika terus dibiarkan besar kemungkinan obesitas akan terus dialami sang anak sampai tumbuh dewasa, karena obesitas adalah kelainan jadi sebaiknya ditangani atau disembuhkan. Sama halnya dengan penyakit pada umumnya yang memiliki penyebab, berikut adalah sebab obesitas pada anak.

  • Pola makan yang tidak sehat

Faktor utama terjadinya obesitas pada anak adalah pola makan. Hal utama yang harus diperhatikan pada pola makan anak adalah waktu yang tepat. Waktu makan sangat berpengaruh pada berat badan anak dan juga orang dewasa. Jika waktu makan anak berantakan ini akan memicu terjadinya obesitas. Hal kedua adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jahat, makan camilan yang selalu manis, dan banyak minum minuman yang mengandung soda. Anak-anak memang suka sekali makanan yang digoreng, manis, dan minuman bersoda. Namun jika cara mengkonsumsinya berlebihan jangan salahkan anak Anda jika ia memiliki ukuran badan yang tidak normal.

  • Kurang gerak

Anak jaman sekarang ini pasti banyak sekali yang kurang gerak dan olahraga karena mereka lebih asik dengan gadget dan bermain game. Jika anak kurang gerak apalagi tidak diajarkan berolahraga maka pembakaran dalam tubuh tidak akan maksimal sehingga lemak dan kalori menumpuk di tubuh mereka.

  • Faktor bawaan

Jika Anda memang memiliki anggota keluarga yang memiliki berat badan yang berlebihan, tak heran jika anak Anda juga akan berakhir demikian. Meski faktor bawaan biasanya susah untuk disembuhkann dengan usaha yang baik dalam mencegah obesitas pada anak, sangat mungkin anak Anda terhindar dari obesitas.

Penyebab Obesitas Pada Anak dan Solusinya | Breaktime
Mencegah obesitas pada anak sangat penting

Obesitas pada anak akan sangat menyusahkan anak tersebut karena akan susah sekali untuk bergerak dan rawan terserang penyakit. Untuk itu menjaga dan memperhatikan berat badan anak sangat penting bagi para orang tua. Di sini ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi obesitas pada anak.

  • Pola hidup sehat

Sebagai orang tua Anda harus jeli dalam memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi anak Anda. Biasakan anak Anda untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari dan kurangi camilan yang manis-manis dan minuman bersoda. Pastikan disetiap menu makanan anak Anda ada sayur dan juga lauk yang kaya serat dan protein.

  • Ajak olahraga

Jangan memanjakan anak dengan gadget, TV ada di dalam kamar anak, atau game yang membuat anak kecanduan. Hal ini tentu akan membuat anak jadi kurang gerak dan berujung dengan obesitas. Ajaklah anak Anda untuk olahraga di halaman rumah, atau ajak bermain anak Anda dengan saling mengejar, sepak bola, atau mengajak anak Anda ke taman dan mengenalkan dia dengan teman sebayanya. Hal ini membuat anak tidak kekurangan gerak dan juga bisa bersosialisasi dengan baik.

Penyebab Obesitas Pada Anak dan Solusinya | Breaktime
Memperhatikan pola makan anak
  • Dukungan keluarga

Selain memperhatikan makanan dan olahraga anak, Anda sebagai orang tua juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan tidak malas berolahraga, makan sayur dan buah, dan tidak menyediakan camilan seperti es krim atau coklat di lemari es, sehingga anak Anda akan terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat dan terbiasa juga untuk berolahraga.

Obesitas pada anak tidak bisa dianggap remeh, karena obesitas akan mengarah pada berbagai macam penyakit yang mengerikan. Bukan hanya fisiknya saja yang terganggu, mental anak yang terkena obesitas juga akan mendapat akibat yang buruk. Mari mencegah dan mengatasi obesitas pada anak sejak dini.(naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE