Penyebab Gigi Kita Menjadi Kuning, Apa Sajakah? | Breaktime
Penyebab Gigi Kita Menjadi Kuning, Apa Sajakah?
24.01.2017

Sering merasa iri dengan gigi yang dimiliki oleh para selebriti, B’timers? Well, tampaknya hampir semua bintang memiliki senyuman sempurna dengan deretan gigi yang seputih mutiara. Namun sementara itu, kita harus bertahan dengan gigi yang kusam, bahkan cenderung berwarna kuning. Meskipun kenyataan ini bukan merupakan hal yang mengejutkan, namun tetap saja rasanya bikin kepercayaan diri berkurang, kan, B’timers? Semua orang tentu ingin terlihat cantik sempurna dengan senyum menawan a la bintang iklan pasta gigi.

Well, sebagian besar penyebab gigi menjadi kuning sebenarnya dibagi dalam dua kategori umum, yaitu noda dari dalam dan noda dari luar, B’timers. Menguningnya gigi juga sangat mungkin disebabkan oleh sangat banyak faktor kesehatan. Tetapi untungnya, Anda bisa melakukan sesuatu untuk mengembalikan warna putih gigi, lho. Nah, sebelum itu, ada baiknya kita mengintip sejenak, mengenai apa saja alasan di balik gigi yang berubah menjadi kuning. Di bawah ini beberapa sebab gigi menjadi kuning dan membuat percaya diri hilang.

Terkadang warna gigi yang dimiliki seseorang adalah hasil keturunan dari faktor genetik, lho. So, apabila salah satu dari orangtua Anda memiliki gigi berwarna kuning, maka bukan hal yang mengherankan, jika Anda juga memiliki warna gigi yang serupa. Selain gigi dengan warna putih cemerlang, ada kelas lain dari warna gigi yang umum dimiliki oleh manusia, yaitu coklat kemerahan, kuning kemerahan, abu-abu serta kemerahan abu-abu.

Penyebab Gigi Kita Menjadi Kuning, Apa Sajakah? | Breaktime
Ada banyak cara mendapatkan gigi putih Anda kembali

Selain itu, gigi yang terlihat lebih kuning, biasanya karena lapisan enamel terlalu tipis. Jadi lapisan dentin yang ada di bawahnya langsung tampak dengan jelas. Warna dentin adalah kuning tua yang cenderung berwarna kecoklatan. Jadi warna kuning pada gigi yang Anda lihat di balik cermin, sebenarnya adalah si dentin yang tak tertutupi dengan sempurna karena lapisan enamel yang terlalu tipis, B’timers. Tapi ada alasan lain juga, lho.

Ketika usia seseorang bertambah, warna gigi akan otomatis menguning, B’timers. Hal ini karena lapisan enamel semakinmenipis, akibat dari kegiatan mengunyah dan terkena paparan asam dari makanan dan minuman yang dikonsumsi selama ini. Kebanyakan kasus dari menguningnya gigi adalah karena enamel yang menipis. Dan bagi beberapa orang, warna gigi karena usia yang menua bukan lagi kuning, tapi lebih pada abu-abu.

Faktor kebiasaan hidup sehari-hari juga memiliki dampak terhadap menguningnya gigi seseorang, lho. Misalnya kebiasaan merokok. Kandungan nikotin di dalam rokok dapat meninggalkan noda berwarna kekuningan atau kecoklatan pada permukaan gigi. Selain rokok, ternyata makanan dan minuman juga dapat memberikan reaksi terhadap pembentukan warna gigi kita, lho, B’timers. Misalnya saus, kopi, teh serta bahan lain.

Untuk mempertahankan atau mengembalikan warna putih alami pada gigi memang adalah sesuatu yang wajar dengan menggunakan pasta gigi ber-fluoride. Ya, fluoride merupakan bahan penting yang penting untuk gigi. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu, bahwa terlalu berlebihan fluoride justru membuat gigi kehilangan warna alaminya, B’timers. Coba konsultasikan dengan dokter gigi, apakah mungkin Anda kelebihan fluoride.

Mungkin Anda belum tahu, bahwa kecelakaan dan grinding termasuk di dalam penyebab gigi menjadi kuning, B’timers. Misalnya kecelakaan yang menyebabkan adanya keretakan pada enamel gigi dan juga merusak interior pada gigi. Sementara itu grinding adalah kebiasaan sadar yang dilakukan oleh sebagian orang mengertakkan gigi saat tidur.

Itulah beberapa penyebab gigi menjadi kuning yang perlu Anda ketahui, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE