Penyebab Batu Ginjal dari Pola Hidup Sehari-hari| Breaktime
Penyebab Batu Ginjal dari Pola Hidup Sehari-hari
04.12.2017

Organ ginjal merupakan salah satu bagian tubuh yang sering diremehkan fungsinya. Ginjal sendiri sejatinya memainkan peranan penting dalam menyaring dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Setiap harinya, sepasang ginjal yang ada dalam tubuh Anda akan menyaring ratusan liter darah dan produk limbah dalam tubuh lainnya untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Gangguan fungsi organ yang terletak di kedua sisi tulang belakang tersebut berpotensi menimbulkan penyakit berupa batu ginjal.

Secara umum, penyakit batu ginjal lebih rentan dialami pria karena rumitnya saluran kemih pria dan sisa metabolisme pria yang lebih banyak dan cenderung membentuk batu pada ginjal. Meski demikian, bukan berarti wanita tidak berpotensi mengalami batu ginjal apabila memiliki gaya hidup dan pola konsumsi yang tidak sehat. Batu ginjal sendiri merupakan produk limbah dalam darah yang mengalami pengkristalan dan menggumpal hingga menjadi batu keras.

Batu ginjal berukuran sangat kecil bisa jadi tidak menimbulkan gejala ketidaknyamanan apapun. Batu ginjal yang sedemikian kecil bahkan bisa jadi tidak dapat terdeteksi dan keluar begitu saja saat B’timers buang air kecil. Seringkali, gejala ketidaknyamanan akibat batu ginjal muncul ketika batu ginjal ebrukuran cukup besar terjebak dalam organ ginjal, menyebabkan infeksi, dan mencoba melewati saluran ureter yang sempit hingga menyebabkan kencing berdarah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hati-Hati Ladies, Ini Bahaya Minum Kopi!

Gejala batu ginjal biasanya disebabkan oleh sedikitnya cairan urin yang keluar sehingga endapan kotoran pun tertinggal dalam ginjal. Rendahnya volume urin dapat disebabkan oleh dehidrasi, olahraga keras, maupun bekerja atau tinggal di tempat bercuaca panas. B’timers bisa mencegah terbentuknya batu ginjal dengan meningkatkan asupan cairan. Cairan dalam jumlah normal di tubuh dapat mencairkan kandungan garam sehingga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. 

Penyebab Batu Ginjal dari Pola Hidup Sehari-hari| Breaktime
Batu ginjal dapat menjadi sangat menyakitkan dan mengganggu kenyamanan

Batu ginjal yang paling umum terbentuk dari kalsium, seperti kalsium oksalat, fosfat, maupun maleat. B’timers bisa mengurangi potensi terbentuknya batu ginjal dengan mengonsumsi sedikit makanan kaya oksalat seperti bayam, bit, kacang tanah, dan keripik kentang. Batu ginjal jenis lainnya yakni uric acid atau asam urat yang lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita. Batu ginjal jenis yang satu ini juga dapat terbentuk dalam tubuh penderita penyakit asam urat. Batu ginjal asam urat terjadi ketika urin menjadi terlalu asam akibat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin seperti jeroan, daging, bir, kerang, makarel, sarden, dan teri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Ini Jika Orang Terdekat Terserang HIV

Batu ginjal jenis struvit kebanyakan ditemukan pada wanita penderita infeksi saluran kemih. Batu yang disebabkan oleh infeksi ginjal ini dapat membesar hingga menyebabkan sumbatan pada saluran kemih. Jenis batu ginjal lainnya yang tergolong langka ialah cysteine dan hanya terbentuk pada tubuh pria dan wanita yang memiliki gangguan cystinuria genetik. Batu ginjal cysteine terbentuk ketika sistin, asam alami dalam tubuh, mengalami kebocoran dari ginjal hingga ke dalam urin.

Program diet tertentu juga dapat menyebabkan gangguan batu ginjal apabila tidak dilakukan secara sehat. Diet tinggi garam, misalnya, dapat meningkatkan jumlah kalsium yang harus diproses oleh ginjal sehingga menyebabkan risiko pembentukan batu ginjal. Diet tinggi protein hewani seperti konsumsi daging sapi, ayam, dan ikan dalam jumlah masif dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan urin. Tingginya kadar asam urat dapat mengakibatkan pembentukan endapan batu dalam ginjal. Beberapa jenis makanan juga berpotensi mendorong terbentuknya batu ginjal di tubuh.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Manfaat Kubis Ungu Ini Bikin Wanita Makin Cantik

Konsumsi kafein berlebihan dapat memperbesar pembentukan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urin. Selain batu ginjal, kafein yang biasa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda juga dapat memicu gagal ginjal karena adanya stimulan yang dapat membuat organ ginjal mudah kelelahan. Pemanis buatan non-kalori yang dikonsumsi terus-menerus dalam jangka panjang juga terbukti dapat merusak fungsi ginjal.

Produk susu merupakan minuman sehat kaya kalsium, yang sayangnya dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin. Bagi B’timers yang rentan terkena risiko batu ginjal, limbah akibat konsumsi susu cenderung susah dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal. Semoga Anda senantiasa sehat dan terbebas dari penyakit batu ginjal ya! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE