Penurun Kolesterol Tinggi dari Tanaman Herbal | Breaktime
Penurun Kolesterol Tinggi dari Tanaman Herbal
23.05.2017

Kebanyakan perawatan alami atau pengobatan yang diberikan untuk pasien penyakit jantung biasanya memiliki tujuan untuk mengendalikan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan sekaligus juga meningkatkan kesehatan jantung, B’timers.

Ada banyak produk alami yang telah secara klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Meski penelitian mengenai perawatan penyakit mematikan satu ini masih terlalu terbatas, tapi kenyataannya, dibandingkan dengan pengobatan konvensional, obat herbal terbukti mengurangi kolesterol.

Menurut Heart Failure Society of America (HFSA), meskipun tak ada bukti terapi alternatif atau tanaman herbal dapat membantu menurunkan risiko gagal jantung, namun tidak sedikit orang yang mengalami keberhasilan dengan penurun kolesterol tinggi satu ini, lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Obat Alami Kolesterol Ini Dijamin Ampuh!

Sangat disarankan untuk Anda sebelum mengonsumsi tanaman herbal sebagai obat penurun kolesterol agar terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui, apakah obat dan tanaman herbal tersebut aman untuk Anda konsumsi. Selain itu bagi beberapa orang, tanaman herbal atau terapi alternatif juga dapat memberikan efek samping tertentu yang cukup berbahaya.

Penurun Kolesterol Tinggi dari Tanaman Herbal | Breaktime
Untuk mengecek kadar kolesterol, lakukan pengetesan darah

Ramuan tradisional yang berasal dari dataran Tiongkok yang lebih dikenal dengan nama astragalus bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho, B’timers. Hal tersebut karena ramuan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dianggap sebagai adaptogen. Dengan mengonsumsi obat herbal ini dapat melindungi tubuh dari berbagai tekanan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beberapa Cara Mencegah Kolesterol di Usia Muda

Hawthorn merupakan semak yang memiliki hubungan kerabat dengan mawar. Nah, buah, daun dan juga bunga dari tanaman ini telah sejak zaman Kekaisaran Romawi digunakan untuk mengatasi masalah sakit jantung, B’timers. Berdasarkan banyak penelitian, terbukti bahwa tanaman ini menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk mengatasi serangan jantung ringan. Tapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Penurun kolesterol dan penurun kolesterol tinggi lainnya yang tidak kalah efektif dalam membantu Anda mengatasi tingginya kadar kolesterol adalah tanaman flaxseed yang berasal dari tanaman rami. Selain biji rami, minyak biji rami pun kaya kandungan asam alfa-linolenat (ALA) yang cukup tinggi. Kandungan tersebut merupakan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Ikan dengan kandungan asam lemak Omega-3 juga terbukti bisa membantu menurunkan kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita, B’timers. Jenis ikan yang kaya kandungan lemak Omega-3-nya adalah salmon, tuna, ikan trout danau, herring, sarden serta ikan berlemak lainnya. Menurut Mayo Clinic, para ahli telah membuktikan jika kandungan asam lemak Omega-3 pada ikan membantu mengurangi kadar kolesterol.

Bawang putih merupakan tanaman herbal selanjutknya yang sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, B’timers. Tidak hanya dikonsumsi mentah, namun bawang putih juga dapat dimasak terlebih dahulu sebelum Anda nikmati. Bahkan bawang putih pun tersedia dalam bentuk suplemen, seperti kapsul ataupun tablet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh Anda, mengurangu kadar kolesterol dan terbukti ampuh untuk membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis. tetapi seperti banyak terapi alternatif lainnya, tak semua orang mendapat efek yang sama dari mengonsumsi bawang putih untuk menjaga kadar kolesterolnya.

Ada juga red yeast rice yang merupakan penurun kolesterol tinggi yang dipercaya sejak waktu yang lama di dunia pengobatan alternatif, B’timers. Namun ditekankan kembali, sebelum mengonsumsi tanaman herbal ataupun obat-obatan alternatif sebagai penurun kolesterol, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE