Pentingnya Keamanan Pasien di Era eHealth | Breaktime
Pentingnya Keamanan Pasien di Era eHealth
06.10.2016

Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak hal kini berubah menjadi sangat otomatis. Salah satunya di bidang kesehatan, kini sedang marak penggunaan eHealth yang diharapkan selalu mementingkan keamanan pasien. EHealth adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengobati pasien, melakukan penelitian, memeberikan pembelajaran, mengolah data kesehatan, dan memonitor penyakit dan kesehatan masyarakat.

Aplikasi eHealth ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu mempermudah akses pelayanan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan mengurangi biaya kesehatan. Yang menjadi sorotan adalah keamanan pasien saat menggunakan aplikasi ini.

Banyak orang menganggap bahwa eHealth akan mengalami banyak kendala dalam penggunaannya. Kendala-kendala tersebut antara lain, kegagalan sistem dalam memberi pertanda pada pasien, software yang gagal mengidentifikasi, kesalahan pemetaan obat, kesalahan algoritma, dan resep ganda saat melakukan peresepan online.

Baca juga :  KEBUTUHAN TIDUR SIANG UNTUK SISWA? INI FAKTANYA!

Penggunaan eHealth ini dirasa tidak akan efektif dan berjalan dengan baik. Untuk mengatasi kesalahan demi keamanan pasien saat menggunakan eHealth bisa dilakukan dengn cara berikut ini.

Memberikan pengertian pada pasien

Harus dilakukan sosialisasi pada masyarakat tentang penggunaan eHealth. Hal ini sangat penting dilakukan oleh penyedia layanan sebelum masyarakat mengakses eHealth.

Berpegang pada standar penggunaan eHealth

Setiap penyedia layanan eHealth harus mengikuti dan mengacu pada pedoman yang ada, agar tidak terlalu banyak kesalahan dan juga aman digunakan oleh masyarakat.

Pentingnya Keamanan Pasien di Era eHealth | Breaktime
Mengutamakan keamanan pasien di era eHealth

Memantau dan mengevaluasi

Masalah-masalah yang muncul saat menggunakan eHealth juga harus dievaluasi dan kemudian mencari jalan keluar untuk memperbaikinya.

Keamanan pasien sangat bergantung pada eHealth yang mereka akses. Pelayanan yang baik juga akan meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia. (vpd)

Share This Article