Pentingnya Enzim Untuk Sistem Kerja Tubuh | Breaktime
Pentingnya Enzim Untuk Sistem Kerja Tubuh
12.11.2016

Tubuh manusia memang sangat kompleks dimana enzim adalah salah satu zat yang ada di dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting untuk sistem kerja tubuh. jika tubuh kekurangan enzim tentu aka nada dampak yang akan Anda rasakan. Enzim adalah bagian dari sistem kerja tubuh yang sangat penting. Enzim ini sendiri adalah biomolekul yang berupa senyawa protein. Memang jarang sekali kita memperhatikan apakah enzim yang ada dalam tubuh cukup atau masih kurang, yang lebih sering diperhatikan adalah kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Nah, berikut ini ada sedikit ulasan tentang pentingnya enzim untuk sistem kerja tubuh.

Pentingnya enzim untuk tubuh adalah membuat sistem kerja tubuh bisa berjalan dengan lancar sehingga Anda tidak merasakan sakit atau terserang penyakit. Enzi mini sendiri terbagi menjadi tiga kelompok besar:

  1. Enzim pencernaan

Tubuh kita tentu memiliki sitem kerja pencernaan. Dalam sistem pencernaan ini ada beberapa macam atau beberapa jenis enzim yang membuat tubuh bisa terpenuhi kebutuhannya. Enzim pencernaan ini adalah enzim-enzim yang terdapat pada organ tubuh yang berfungsi untuk pencernaan seperti mulut, lambung, usus halus dan juga pankreas. Enzim dari setiap organ tersebut pun juga berbeda-beda, misalnya enzim lambung ada enzim renin yang berfungsi untuk mengubah kasionogen menjadi protein susu lalu diendapkan, ada juga enzim pepsin yang bertugas untuk merubah protein menjadi pepton, dan juga enzim lipase gastrik yyang berperan untuk mengubah trigliserida menjadi asam lemak.

  • Enzim metabolisme

Untuk enzim ini jenisnya cukup beragam dan memegang peran sendiri-sendiri untuk memperlancar metabolism tubuh. Misalnya saja enzim hidrase yang berfungsi untuk mengatur tubuh dalam mengurangi atau menambah air dari senyawa tertentu, ada juga enzim karbosilase yang berfungsi untuk mengubah asam organic bolak balik, dan masih banyak sekali yang jenis enzim yang ada di enzim metabolisme.

  • Enzim luar

Tidak hanya enzim yang memang sejak dulu sudah ada di dalam tubuh namun enzim juga ada yang berasal dari luar tubuh seperti makanan yang sehari-hari dikonsumsi tubuh dan suplemen.

Pentingnya Enzim Untuk Sistem Kerja Tubuh | Breaktime
Menjaga pola makan untuk menjaga produktivitas enzim dalam tubuh

Fungsi dan peran enzim dalam tubuh memang benar-benar penting karena enzim menjaga koordinasi tubuh sehingga sistem kerja tubuh bisa berfungsi dengan baik. Jika tubuh sampai kekurangan salah satu enzim akan menganggu pencernaan dan metabolism tubuh. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan enzim dalam tubuh berkurang.

  • Pertambahan usia

Semakin tua tubuh akan semakin rawan terserang penyakit karena salah satu faktornya yaitu jumlah enzim dalam tubuh berkurang, dengan berkurangnya enzim dalam tubuh tentu pencernaan akan bermasalah yang bisa juga menyebabkan kembung atau bahkan diare, jika pencernaan terganggu, penyerapan kebutuhan tubuh juga akan terganggu sehingga tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

  • Merokok

Jika Anda tidak ingin mengalami penurunan enzim dalam waktu dekat lebih baik Anda mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok karena akan memicu berkurangnya produksi enzim dalam tubuh Anda.

  • Minum alkohol

Sama halnya dengan merokok, minum alkohol juga akan sangat memicu berkurangnya produksi enzim dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga proses metabolism tubuh.

Jika Anda ingin tubuh Anda bisa memproduksi enzim yang penting untuk metabolism dan juga penceraan pada tubuh Anda, sebaiknya dimulai dari sekarang dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan menyadari betapa pentingnya enzim untuk tubuh. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE