Pentingkah Vitamin B dalam Minuman Berenergi? | Breaktime
Pentingkah Vitamin B dalam Minuman Berenergi?
02.11.2015

Banyak sekali produsen minuman berenergi yang memasukkan vitamin B dalam dosis besar untuk membuat tubuh semakin berenergi ketika melakukan aktivitas yang berat seperti halnya olahraga. Sebenarnya bagaimana faktanya? Apakah vitamin B yang terdapat dalam minuman berenergi memang bermanfaat untuk tubuh atau hanya iklan yang dikampanyekan secara besar-besaran saja?

Minuman berenergi yang sekarang ini banyak beredar di pasar memiliki dosis yang sangat besar pada kandungan seperti halnya B12, thiamin, dan riboflavin. Kandungan-kandungan tersebut dikatakan mampu meningkatkan energi tubuh dengan sangat cepat. Namun menurut Catherine Champagne, Ph. D., R.D.N, pimpinan dari dietary assessment and nutrition counseling di Louisiana State University’s Pennington Biomedical Research Center, vitamin B tidak akan mendongkrak energi Anda secara tiba-tiba.

Mereka yang kekurangan vitamin B memang benar akan merasa kelelahan, namun Marie Caudill Ph. D., R.D., seorang professor dalam bidang nutrisi di Cornell University mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan karena mikronutrisi satu ini akan dipecah menjadi energi tubuh. 

Pentingkah Vitamin B dalam Minuman Berenergi? | Breaktime
Sumber vitamin B alami dari bahan makanan

Namun, tak perlu mendapatkannya dari minuman berenergi karena Anda bisa memperoleh vitamin B dari daging, telur, produk susu, sayur-sayuran, dan juga kacang-kacangan. Jika kelelahan masih berlanjut setelah mengonsumi makanan-makanan tersebut, mungkin ada faktor lain seperti kekurangan tidur, stres, dan juga terlalu banyak bekerja.

Bahkan, jika tubuh  mengalami kekurangan vitamin B, Anda bisa saja mengasup suplemen yang sehat dan aman. Dan tentu saja akan membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar mingguan bahkan dalam jangka waktu bulanan kebutuhan vitamin B Anda akan tercukupi. Menjadi sehat membutuhkan waktu yang cukup bukan proses yang instan.

Rasa segar kembali dan serasa bersemangat yang Anda dapatkan dari minuman berenergi bisa saja merupakan dampak dari gula dan juga kafein yang terdapat di dalamnya. Jadi, sebisa mungkin hindari berbagai produk minuman berenergi dan lebih pilihlah air putih yang memang terbukti jauh lebih sehat. 

Share This Article