Pengguna Lensa Kontak? Anda Wajib Tahu Yang Satu Ini! | Breaktime
Pengguna Lensa Kontak? Anda Wajib Tahu Yang Satu Ini!
30.12.2015

B'timers pengguna lensa kontak? Pasti pernah merasakan mata perih saat menggunakannya, atau merasa ada yang mengganjal disekitar mata. Hati-hati B'timers, bisa jadi itu adalah gejala awal dari infeksi mata. Karena lokasinya pada organ yang sensitif, kontak risiko infeksi  sangatlah besar B'timers.

Tapi jangan khawatir B'timers, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar terhindar dari infeksi. Berikut tipsnya :

Bersihkan

Setelah menggunakannya, selalu bersihkan agar bakteri tidak bersarang di lensa kontak. Selain itu, saat mata kering usahakan untuk melepas kontak lensa. Karena dari sanalah awal infeksi mata kebanyakan dimulai. Bersihkan menggunakan obat khusus yang sudah dianjurkan dokter, agar keamanannya bisa terjamin.

Pengguna Lensa Kontak? Anda Wajib Tahu Yang Satu Ini! | Breaktime
Kebersihan kontak lensa sangatlah penting, meningat risiko kesehatannya yang besar

Lepas ketika tidur

Ini sangat penting dan jangan sampai Anda lakukan sekalipun B'timers. Lepas lensa kontak Anda ketika sedang tidur, karena saat tidur gerakan apapun tidak akan Anda sadari. Bayak kejadian mengerikan tentang lensa kontak yang terjadi seperti mata merah, lensa kontak turun ke kelopak mata, atau lensa kontak tidak bisa dilepas.

Bersihkan tempat penyimpanan

Tidak hanya lensa kontaknya saja yang harus selalu dibersihkan, tempat penyimpanannya pun juga harus terhindar dari bakteri. Jaga kebersihan tempat penyimpanan menggunakan obat desinfektan bawaan dari kontak lens setiap kali selesai digunakan agar bakteri tidak bersarang di sana.

Ganti lensa

Ganti lensa saat Anda merasa perih atau tidak nyaman ketikga menggunakannya. Biasanya setiap 3 atau 6 bulan sekali, lensa harus diganti. Kalau tidak, lensa tersebut akan dengan mudah ditinggal jamur atau bakteri yang bisa membahayakan mata Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa jauhkan Anda dari bahaya infeksi mata. Selain menjaga kesehatan dari lensa kontak, gaya hidup yang sehat juga akan membantu Anda terhindar dari permasalahan tersebut. Berhati-hatilah B'timers. (wsu)

Share This Article