Pengguna Headset, Waspadai 3 Hal Ini | BREAKTIME
Pengguna Headset, Waspadai 3 Hal Ini
23.03.2015

Tanpa disadari, ternyata kebiasaan B’timers mendengarkan musik menggunakan headset bisa membahayakan kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association,  di era ini gangguan pendengaran pada remaja meningkat 30% jika dibandingkan dengan  kondisi di tahun 80-an dan 90-an, dan hal ini disebabkan oleh penggunaan headset yang kurang tepat. 

Nah, berikut ini Breaktime sajikan beberapa dampak negatif yang bisa Anda rasakan akibat pemakaian headset yang kurang tepat:

Kehilangan pendengaran 

Terus menerus mendengarkan suara yang terlalu keras dari headset dapat mengakibatkan pendengaran mengalami gangguan bahkan menyebabkan tuli. Suara normal yang masih bisa ditolerir oleh gendang telinga sekitar 60 decibels hingga 85 decibels, namun jika lebih dari itu dapat membahayakan sistem pendengaran. Sebelum memasang headset, cek dulu volume suara yang dihasilkan melalui perangkat yang B’timers gunakan, misalnya saja laptop ataupun tablet. 

Radiasi 

Headset, terutama yang disambungkan melalui bluetooth dapat menghasilkan radiasi yang memiliki efek tertentu untuk tubuh. Meski radiasinya sangat kecil, namun penggunaan yang berlebihan tetap saja bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti halnya kanker, autisme, dan tumor otak. 

Infeksi telinga

Charles Gerba, seorang professor Microbiology di University of Arizona, melakukan sebuah penelitian pada berbagai tempat berkumpulnya kuman. Hasilnya sangat mengejutkan, sebab handphone dan headset merupakan tempat paling banyak ditemukannya kuman dibandingkan dengan toilet. Maka dari itu, headset harus dibersihkan secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus untuk mengurangi berbagai dampak negatif yang ditimbulkan oleh kuman. 

Jika B’timers sudah merasa tidak nyaman, contohnya saja telinga nyeri saat menggunakan headset, maka segera hentikan pemakaiannya. Selain itu, usahakan untuk mendengarkan musik dari headset dengan volume standar. Jika saat menggunakan headset Anda sama sekali tidak bisa mendengar suara lain di sekitar, itu tandanya volume sudah terlalu kencang dan harus dikurangi agar tidak menimbulkan dampak buruk untuk otak

Share This Article