Penderita Penyakit Jantung Juga Bisa Kok, Hidup Sehat! | Breaktime
Penderita Penyakit Jantung Juga Bisa Kok, Hidup Sehat!
13.10.2015

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor 1 di dunia. Meskipun tak menular, nyatanya penyakit jantung banyak menjangkiti masyarakat dunia, baik tua ataupun muda. Tak sedikit pula penderita penyakit jantung berakhir meninggal akibat serangan jantung mendadak yang terlambat memperoleh penanganan. Untuk itu, kebiasaan hidup sehat bagi penderita jantung sangatlah penting:

Hindari rokok dan alkohol

Hal pertama dan utama yang wajib Anda perhatikan ketika menderita penyakit jantung adalah menghindari rokok dan alkohol. Dalam sebatang rokok, mengandung sangat banyak bahan kimia berbahaya yang sangat memperngaruhi kesehatan jantung. Begitu pula alkohol yang akan menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah. Jika Anda tak meninggalkan kedua racun ini, bersiaplah untuk menerima serangan jantung mendadak dimana pun dan kapan pun.

Penderita Penyakit Jantung Juga Bisa Kok, Hidup Sehat! | Breaktime
Berhenti merokok dan minum alkohol

Minum obat secara teratur

Meminum obat secara teratur tak hanya dapat mengurangi rasa sakit tapi juga mengurangi gejala yang timbul dan memberi harapan hidup lebih lama bagi pasien. Umumnya, penderita penyakit jantung diminta untuk mengonsumsi 5 hingga 8jenis obat per hari untuk mengatasi penyakitnya.

Batasi konsumsi sodium

The American Heart Association menyarakan penderita penyakit jantung untuk membatasi konsumsi garam hingga kurang dari 2.000 miligram perhari. Untuk itu, sebaiknya hindari pemakaian garam berlebih pada makanan. Makanan kalengan, junk food, dan keju juga mengandung banyak garam. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut.

Penderita Penyakit Jantung Juga Bisa Kok, Hidup Sehat! | Breaktime
Hindari makanan dengan kandungan garam tinggi

Kenali kondisi tubuh

Menimbang tubuh secara rutin adalah cara ampuh menghindari serangan jantung mendadak. Biasakan untuk menimbang berat tubuh Anda tiap pagi. Jika terjadi penambahan 1 sampai 1,5 kilogram dalam sehari, atau lebih dari 2 kilogram dalam seminggu, sebaiknya segera hubungi dokter. Peningkatan berat badan akan meningkatkan kerja jantung yang akan membuat kondisi jantung makin buruk.

Selain menimbang berat tubuh, biasakan untuk mengukur tekanan darah Anda. Konsultasikan pada dokter jika tekanan darah Anda terlampau rendah ataupun terlalu tinggi. Anda juga bisa mencatatnya tiap hari dan menunjukkannya ke dokter ketika melakukan konsultasi rutin. Dengan begitu, dokter akan lebih mudah menangani masalah Anda.

Olahraga teratur

Pekerjaan berat, termasuk olahraga bisa memperburuk kondisi jantung. Tapi olahraga juga dapat memperbaiki kondisi jantung. Untuk itu, pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit atau setidaknya peregangan. Lakukan olahraga teratur selama 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap harinya.

Istirahat cukup

Bagi penderita jantung, berbaring kadang dapat menyebabkan masalah pernapasan, untuk itu tumpuk bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Sesekali, posisikan kaki naik ke atas ketika Anda berbaring selama beberapa menit. Cara ini akan meringankan kerja jantung.

Ingat B’timers, stres juga mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Maka dari itu, perbanyak aktivitas yang membuat Anda rileks dan bahagia untuk menjaga kebugaran tubuh.

Share This Article