Penderita Kista Coklat, Apakah Masih Bisa Hamil? | Breaktime
Penderita Kista Coklat, Apakah Masih Bisa Hamil?
13.10.2016

Mendapatkan kesempatan untuk masuk masa kehamilan adalah waktu yang paling dinanti setiap wanita setelah menikah, B’timers. Namun pada kenyataannya, tak semua wanita memiliki kesehatan yang baik untuk mendukung kesempatan tersebut. Salah satunya adalah mereka yang didiagnosa kista coklat, nih. Tapi sebenarnya bagaimana kista coklat apakah bisa hamil, tidak ya, B’timers?

Penderita Kista Coklat, Apakah Masih Bisa Hamil? | Breaktime
Vonis kista coklat bukan akhir dari kehidupan

Well, beberapa kista ovarium memang dikaitkan dengan menurunnya kesuburan. Namun itu tergantung pada jenis kista ovarium yang Anda miliki. Dan jenis kista ovarium yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah:

  • Endometrioma

Kista jenis ini disebabkan oleh endometriosis, atau suatu kondisi di mana jaringan yang biasanya berada di lapisan rahim, tumbuh di luar rahim. Salah satu contohnya adalah kista coklat.

  • Kista ovarium

Dihasilkan dari sindrom ovarium polikistik, sebuah kondisi yang ditandai oleh banyaknya kista kecil pada ovarium wanita. Salah satu tanda yang terlihat adalah menstruasi yang tidak teratur, B’timers.

Baca juga : JANGAN CEMAS, INI CARA MENGATASI CEGUKAN PADA BAYI

Penderita Kista Coklat, Apakah Masih Bisa Hamil? | Breaktime
Konsultasikan keluhan Anda dengan dokter, B’timers

Kedua kista tersebut sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada wanita. Dan jika kita membicarakan kista coklat apakah bisa hamil, sebenarnya jika ada kista coklat di indung telur di sebelah kiri, dapat mencegah ovilasi di sisi kiri. Namun sisi kanan tetap akan baik-baik saja dan Anda tetap bisa hamil meskipun menderita kista coklat, B’timers.

Dengan mengangkat kista, peluang untuk hamil bisa meningkat. Namun masih diperlukan waktu untuk masa penyembuhan pasca operasi. Sementara tindakan lain yang biasa dilakukan untuk menghilangkan kista coklat ini, juga dapat meningkatkan kadar hormon folikel. ini akan membuat ovarium jadi kurang responsif.

Nah, sebenarnya kista coklat apakah bisa hamil atau tidak, kesempatan untuk hamil masih tinggi untuk wanita, B’timers. Karena itu jangan putus asa setelah mengetahui vonis dari dokter Anda menderita kista. Konsultasikan pada dokter, mengenai jalan terbaik untuk menyingkirkan kista coklat tersebut dan cara untuk bisa hamil. Tetap semangat, ya, B’timers? (NO)

Share This Article