Penasaran? Inilah Penyebab Lutut Sakit! | Breaktime
Penasaran? Inilah Penyebab Lutut Sakit!
12.12.2016

B’Timers, pernahkah Anda merasakan nyeri pada lutut? Nyeri lutut merupakan penyakit sendi yang dapat terjadi pada siapapun dan dalam range usia yang bermacam-macam. Berdasarkan dari penyebabnya, nyeri lutut bisa menjadi indikasi dari penyakit sendi yang kronis jadi Anda tidak boleh menyepelekan penyakit satu ini, lho! Lalu, hal-hal apa sajakah yang menjadi penyebab lutut sakit?

Penyebab lutut sakit sangat beragam. Salah satu penyebabnya bisa jadi disebabkan oleh cedera atau trauma setelah terjadi benturan keras antara lutut dengan sebuah objek yang keras. Cedera lutut sering dialami oleh para atlet olahraga, seperti atlet olahraga lari maupun atlet sepakbola. Hal yang sama juga dapat menimpa Anda yang baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas. Dalam hal ini, benturan keras yang diakibatkan oleh lutut yang beradu dengan aspal mempengaruhi bagian-bagian lutut seperti ligamen, tendon, tulang rawan, hingga kantung-kantung cairan bernama bursa yang terletak di sekeliling persendian lutut. 

Baca juga : WASPADA DAN CEGAH NYERI LUTUT DENGAN TIPS INI

Apabila Anda telah berusia lanjut dan merasakan sakit di bagian lutut, kemungkinan hal tersebut adalah pertanda dari serangan asam urat. Asam urat, atau Gout adalah radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal zat asam urat. Apabila penumpukan asam urat tersebut terjadi di sendi lutut, maka lutut Anda akan terasa sakit dan mengakibatkan ketidaknyamanan saat Anda berjalan. 

Penasaran? Inilah Penyebab Lutut Sakit! | Breaktime
Jangan anggap remeh nyeri lutut, B’Timers!

Apabila lutut Anda terasa nyeri terutama saat disentuh, besar kemungkinan Anda terkena Tendinitis, atau peradangan tempurung lutut. Hal-hal yang dapat memicu terjadinya peradangan tempurung pada lutut ini pun bermacam-macam. Salah satunya adalah aktivitas olahraga yang tidak didahului dengan olahraga pemanasan, beberapa kondisi medis seperti arthritis juga berpotensi menimbulkan penyakit sendi ini. Gejala umum dari penyakit ini adalah rasa nyeri pada bagian lutut dan warna kulit yang kemerahan yang terjadi pada daerah sekitar lutut. Penderita tendinitis pada umumnya disarankan untuk mengurangi aktivitas yang membutuhkan gerakan dari kaki karena hal tersebut dapat semakin memperparah keadaan tendon yang membengkak.

Baca juga : WAH, HINDARI KEBIASAAN PENYEBAB NYERI BAHU INI

Bursitis, atau peradangan kantong bursae juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya rasa sakit pada lutut. Kantong bursae berfungsi menampung cairan pelumas sehingga sendi-sendi lutut dapat berfungsi dengan lancar dan membuat Anda dapat bergerak dengan bebas. Terjadinya peradangan pada bagian kantong tersebut dapat mengakibatkan lutut terasa sakit.

Osteoarthritis adalah penyakit pengapuran sendi yang sering menyerang Anda yang berjenis kelamin wanita, dan resiko terjadinya penyakit ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama bagi wanita yang berusia lebih dari 55 tahun. Anda akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada bagian lutut dan menyulitkan Anda untuk berjalan akibat pengeroposan tulang-tulang rawan yang berada di lutut sehingga mengakibatkan pergesekan antar-tulang. Rasa sakit tersebut timbul dari tulang-tulang yang bergesekan tersebut.

Rheumatoid arthritis, atau yang lebih dikenal dengan sebutan rheumatik adalah salah satu penyebab umum yang mengakibatkan rasa sakit pada lutut. Rheumatik disebabkan oleh kondisi auto-imun tubuh yang menyebabkan daya tahan tubuh justru menyerang sendi-sendi tulang, termasuk sendi-sendi tulang lutut. Keadaan tersebut mengakibatkan rasa sakit bagi penderitanya, walaupun rasa sakit tersebut bergantung dari tingkat keparahannya.

Peristiwa obesitas, atau berat badan yang berlebihan pun turut berkontribusi sebagai faktor penyebab lutut sakit. Berat badan yang berlebihan tanpa Anda sadari dapat mengakibatkan lutut harus bekerja lebih ekstra dalam menopang berat dari tubuh Anda. Apabila hal tersebut terus berlanjut, maka bagian tulang lutut yang bernama tulang tibla (tungkai bawah) dan tulang paha (femur) menjadi aus karena seringnya terjadi gesekan. Jadi, jika Anda memiliki berat badan yang terlampau berat ada baiknya Anda mulai melaksanakan program diet sehingga lutut Anda tidak akan terasa sakit lagi. (DKP)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE