Penasaran? Inilah Fakta Pemasangan Ring Jantung! | Breaktime
Penasaran? Inilah Fakta Pemasangan Ring Jantung!
25.12.2016

B’Timers, apakah Anda pernah mendengar istilah “ring jantung”? Ring jantung adalah sebuah peralatan medis berbentuk cincin yang dipasang di area pembuluh darah jantung dan pada umumnya ring tersebut dipasang sebagai bentuk pencegahan serangan jantung bagi penderita penyakit jantung koroner dengan tujuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner sehingga jantung dapat memperoleh pasokan darah yang cukup. Dan berikut adalah fakta pemasangan ring jantung

Baca juga : CATAT! PERTOLONGAN PERTAMA SERANGAN JANTUNG INI!

Fakta pemasangan ring jantung yang menarik adalah tahun lalu lebih tepatnya pada tanggal 9 September 2016, wakil presiden Jusuf Kalla menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya yang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui wakil presiden Jusuf Kalla memang mengidap penyakit jantung koroner, dan pemasangan ring tersebut bertujuan untuk mencegah serangan dari penyakit jantung yang diderita beliau.

Proses dari pemasangan ring jantung tersebut disebut dengan operasi angioplasti dimana pasien akan menerima anestesi yang disuntikkan ke pangkal paha dalam. Langkah selanjutnya adalah dokter bedah jantung akan memasukkan selang kateter berukuran kecil ke dalam tungkai atau pada bagian lengan dan akan mengarahkan selang kecil tersebut ke arah pembuluh darah arteri yang mengalami penyempitan.

Penasaran? Inilah Fakta Pemasangan Ring Jantung! | Breaktime
Fungsi ring jantung untuk memperlancar aliran darah

Selanjutnya, dokter akan kembali memasukkan selang kateter kedua yang berukuran lebih kecil dibandingkan selang kateter yang pertama. Pada selang tersebut terpasang balon yang dilingkari oleh ring jantung. Kateter tersebut kemudian akan disambungkan dengan kateter pertama. Setelah selang kateter kedua tersebut sampai ke pembuluh darah yang mengalami penyempitan, dokter akan meniupkan balon yang terpasang pada selang untuk memperlebar dinding pembuluh darah tersebut. Setelah itu, dokter akan menarik kembali kedua selang kateter tersebut sehingga yang tersisa hanyalah ring jantung yang kini menyangga pembuluh darah tersebut. 

Baca juga : BENARKAH SESAK NAPAS PENYEBAB JANTUNG KORONER?

Akan tetapi, B’Timers! Walaupun ring jantung dapat membantu melebarkan pembuluh darah koroner Anda masih harus memantau gaya hidup Anda sendiri, karena ring jantung hanya bersifat pertolongan sementara. Apabila Anda menginginkan hidup yang sehat dan bebas dari ancaman penyempitan pembuluh darah jantung, maka Anda harus memiliki pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan yang berkhasiat untuk merawat kesehatan jantung.

Demikianlah fakta pemasangan ring jantung.  Pemasangan ring jantung sendiri memakan biaya yang tidak sedikit sehingga alangkah baiknya untuk memperhatikan kesehatan tubuh sebelum terlambat. Bukan begitu, B’Timers? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE