Hati-Hati Terhadap Efek Negatif AC untuk Kesehatan | Breaktime
Pekerja Kantoran, Hati-Hati Terhadap Efek Negatif AC untuk Kesehatan
20.10.2015

Hampir setiap kantor melengkapi ruangan dengan AC atau air conditioner  untuk pendingin saat udara terlalu panas. Bahkan, tidak sedikit rumah modern yang menggunakan AC karena dianggap lebih praktis. Apakah B’timers juga bekerja di ruangan ber-AC setiap hari? Nah, Anda patut berhati-hati, sebab AC bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Apa saja?

Rasa sakit dan lelah

Apa tubuh Anda terasa pegal-pegal? Atau mungkin Anda sering merasa lelah? Penelitian membuktikan bahwa orang yang bekerja di ruangan ber-AC cenderung lebih beresiko terserang pusing dan rasa lelah kronis. Selain itu, Anda juga lebih mudah terkena flu dan penyakit lainnya.

Kulit kering

Menghabiskan waktu lama terkena AC juga bisa berpengaruh terhadap kulit. Jika Anda tak memakai cukup pelembab atau terhidrasi dengan baik, maka kulit Anda cenderung akan kering karena terkena paparan udara dingin dari AC.

Memperparah penyakit

Efek angin dari AC dapat memperparah penyakit yang Anda derita. Jika Anda memiliki penyakit seperti tekanan darah rendah, radang sendi dan radang urat saraf, AC dapat memberikan efek buruk yang berpengaruh terhadap penyakit Anda.

Hati-Hati Terhadap Efek Negatif AC untuk Kesehatan | Breaktime
AC bisa memberikan efek negatif terhadap kesehatan

Tak tahan cuaca panas

Jika Anda menghabiskan banyak waktu terkena AC, atau bahkan setiap hari, itu bisa membuat ketahanan tubuh Anda terhadap udara panas jadi menurun drastis. Ini disebabkan oleh tekanan dalam tubuh Anda yang terjadi akibat perpindahan dari lingkungan tertutup yang dingin ke luar ruangan yang suhunya panas.

Baca Juga : INI DIA MANFAAT RAHASIA PUASA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Gangguan pernapasan

Hati-hati, meski menggunakan AC di dalam mobil terasa nyaman dan menyejukkan, apalagi saat Anda sedang terjebak macet di jalanan, itu sebenarnya sangat tidak baik bagi kesehatan. Pada AC, sirkulasi kuman dan mikroorganisme tak berjalan dengan baik. Inilah yang bisa menyebabkan Anda mengalami gangguan pada pernapasan, bahkan jika fatal dapat memicu infeksi yang menyebabkan demam tinggi dan pneumonia.

Itulah dampak negatif yang ditimbulkan AC dan berpengaruh terhadap kesehatan. Menggunakan AC sah-sah saja, namun B’timers harus lebih berhati-hati memperisai diri untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Share This Article