Pria Aktif di Outdoor, Waspadai Masalah Ini! | Breaktime
Para Pria yang Aktif di Luar Ruangan, Waspadai Masalah Ini!
31.10.2015

Para pria sangat menyukai tantangan dan hal-hal baru, baik itu di luar ruangan ataupun di dalam. Namun sayangnya, ketika memilih untuk melakukan kegiatan outdoor, bnayak sekali masalah-masalah memalukan pada tubuh yang terjadi, seperti berikut ini:

Muncul bau badan

Setelah melakukan banyak aktivitas, tubuh pria akan memproduksi keringat dengan jumlah yang banyak. Dan keringat inilah yang akan memunculkan bau badan yang tidak sedap. Berdasarkan pada pakar kulit Tsippora Shainhouse, MD, FAAD dari Rapaport Dematology of Beverly Hills, percampuran antara asam lemak yang ada di dalam tubuh, keluarnya hormon testosterone dari kelenjar keringat yang kemudian bertemu denga n bakteri itulah yang menyebabkan bau yang kurang sedap.

Untuk menyembuhkannya, mintalah kepada dokter resep untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Bukan keringatnya yang membuat tubuh Anda jadi berbau tidak sedap namun bakterinya. Maka dari itu tejkan saja pertubuhan bakteri dengan bantuan resep dari dokter kulit.

Pria Aktif di Outdoor, Waspadai Masalah Ini! | Breaktime
Waspadai masalah bau badan karena banyak beraktivitas di luar ruangan

Tumbuhnya jerawat di bagian yang tidak wajar

Pernahkah Anda menemukan jerawat pada punggung, bahu, ataupun pantat? Shainhouse menjelaskan, munculnya jerawat pada area-area tersebut dalam ilmu dermatologi disebut dengan folliculitis. Hal tersebut dikarenakan terjadinya inflammasi dan iritasi pada folikel rambut dan keadaanya bisa semakin buruk karena menggunakan baju gym yang penuh dengan keringat dan terpapar oleh alat-alat kebugaran yang dipenuhi dengan bakteri.

Untuk meminimalisirnya, jangan berlama-lama mengenakan baju yang penuh dengan keringat setelah berolahraga. Lepaskan baju, keringkan keringat sebentar, mandi dan gantilah dengan pakaian baru yang bersih. Pergunakanlah body odor yang mengandung salicylic acid yang dapat membantu memberantas jerawat. Jika Anda tidak dapat mengatasinya sendiri segeralah berobat ke dokter dan dapatkan perawatan yang tepat.

Napas bau

Pria Aktif di Outdoor, Waspadai Masalah Ini! | Breaktime
Banyak melakukan kegiatan di luar ruangan juga menimbulkan bau mulut

Ketika Anda melakukan olahraga secara intensif, Robin Nathanson, D.M.D pendiri dari Madison Dental Spa di New York menjelaskan, cairan di dalam tubuh akan berkurang sehingga mulut menjadi kering dan inilah yang mneyebabkan bau mulut. Terlebih lagi, Anda mengonsumsi minuman berenergi setelah olahraga. Minuman berenergi yang memiliki banyak gula akan mengundang datangnyabakteri dan bisa menyebabkan mulut jadi berbau tidak sedap.

Untuk mengatasinya, konsumsi air secara cukup namun menggunakan cairan yang bebas gula. Gosoklah gigi secara teratur, bersihkan dengan benang gigi, dan berkumurlah menggunakan mouthwash yang bebas alkohol.

Itulah 3 masalah yang seringkali terjadi ketika para pria banyak menghabiskan harinya untuk aktif bergerak. Minimalisir sebisa mungkin ya, agar tidak menimbulkan masalah.

Share This Article