Para Ilmuwan Temukan Cara Tentukan Masa Hidup? | Breaktime
Para Ilmuwan Temukan Cara Tentukan Masa Hidup Kita?
18.01.2016

Siapa yang tidak ingin panjang umur di dunia ini? Bagi sebagian orang, hidup hingga mencapai usia 100 tahun adalah cita-cita. Sebagian lagi berpendapat hidup singkat dan pendek bukanlah masalah asalkan bermanfaat dan berarti.

Bicara soal hidup hingga 100 tahun, belakangan ini para ilmuwan dikabarkan menemukan beberapa faktor kunci yang bisa membuat kita panjang umur dan hidup lama di dunia. Mereka mengklaim bahwa hidup di usia 100 tahunan, atau yang juga dikenal sebagai “usia ekstrem”, sudah bukan sekedar cita-cita lagi. Benarkah demikian?

The New England Centenarian Study telah mempelajari dan meneliti mereka yang mencapai “usia  ekstrim” sejak tahun 1995. Mereka menemukan bahwa faktor-faktor seperti pendidikan, status sosial ekonomi, agama dan kebiasaan diet dapat menyebabkan diferensiasi yang berpengaruh terhadap masa hidup. Namun para peneliti menemukan hal-hal berikut dan berpendapat inilah tanda-tanda orang yang bisa hidup lebih dari 100 tahun.

  • Mereka yang menjaga tubuhnya selalu ramping

Seluruh dunia tentu tahu bahwa obesitas adalah salah satu faktor yang menyebabkan hidup manusia pendek. Nah, mereka yang selalu menjaga berat badannya tetap normal diprediksikan memiliki kesempatan hidup di dunia lebih dari 100 tahun.

  • Mereka yang jarang merokok atau tidak sama sekali

Para Ilmuwan Temukan Cara Tentukan Masa Hidup? | Breaktime
Cara terbaik untuk hidup lebih dari satu abad adalah berhenti merokok

Mereka juga menemukan bahwa para orang tua yang hidup hingga satu abad lamanya adalah mereka yang jarang merokok atau tidak merokok sama sekali. Jadi, jika Anda ingin hidup lama, berhenti merokok adalah cara yang terbaik.

  • Mereka yang bisa mengatasi stres

Orang yang mendoktrin pikirannya untuk selalu bahagia cenderung pandai mengatasi rasa stres. Stres yang berlebihan bisa mendatangkan penyakit yang mudah menggerogoti tubuh Anda dan akibatnya Anda tidak bertahan lama hidup di dunia.

  • Mereka yang tidak mudah menyerah

Para Ilmuwan Temukan Cara Tentukan Masa Hidup? | Breaktime
Jadilah orang yang selalu optimis

Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang hidup hingga 100 tahun ternyata tidak mudah terpuruk karena masalah. Mereka tidak peduli dengan keterbatasan dan selalu optimis dalam segala hal.

  • Wanita yang  melahirkan setelah usia 35 atau 40 tahun

Ternyata, melahirkan di atas usia 35 atau 40 tahun juga menjadi salah satu cara untuk hidup lama. Sayangnya, belum ada penjelasan secara mendetail mengapa para ilmuwan tersebut menyebutkan poin ini sebagai tanda manusia yang bisa mencapai usia 100 tahun.

Benar atau tidaknya tanda-tanda dan cara di atas, gaya hidup kita memang berpengaruh pada lama tidaknya kita hidup di dunia. Meskipun usia adalah rahasia Tuhan, kita tetap bisa menjaga masa hidup kita dengan tetap sehat, bahagia dan berpikir positif, B’timers! (nap)

Share This Article